Ajak Siswa Blusukan, AABS Purwokerto Tanamkan Budaya Ramah

Purwokerto – Siswa-siswi Al Irsyad Al Islamiyyah Boarding School (AABS) Purwokerto tak hanya fokus pada pembelajaran di dalam kelas, namun juga mengambil inisiatif positif dengan melakukan kegiatan blusukan ke masyarakat. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk menyebarluaskan kebaikan dan kebahagiaan kepada orang lain melalui konsep budaya ramah.

Blusukan ini merupakan bagian dari upaya melatih siswa-siswi AABS, terutama anggota Jerami Community (JC), mengenai budaya ramah. Kegiatan ini berlangsung di dua tempat berbeda, yakni Taman Mas Kemambang untuk anggota JC Putra pada Sabtu, (13/01), dan Warung Pengiuban untuk anggota JC Putri pada Ahad, (14/01).

Konsep budaya ramah diinterpretasikan sebagai pembiasaan memberikan kebaikan kepada orang lain. Siswa diajak untuk memahami bahwa memberikan kebaikan kepada sesama sama dengan menyebarluaskan kebahagiaan kepada banyak orang.

Ustazah Habibah Bahrun A. M.Psi., Psi., selaku Kepala Biro Psikologi AABS, menjelaskan bahwa pembiasaan budaya ramah ini diharapkan dapat menciptakan suasana positif dan bahagia dalam kehidupan sehari-hari, khususnya di lingkungan AABS.

Selama pelatihan konsep budaya ramah, siswa-siswi Komunitas Jerami terlibat dalam diskusi interaktif dengan masyarakat atau pengunjung di lokasi pelatihan. Dengan cara ini, mereka dilatih untuk berkehidupan sosial dan ramah kepada siapa saja yang mereka temui, serta menanamkan dan menguatkan konsep budaya ramah sebagai bentuk ibadah dalam kehidupan sehari-hari.

Pendidikan di AABS memiliki peran penting dalam membentuk karakter anak. Melalui pelatihan seperti ini, diharapkan siswa AABS dapat memiliki tutur kata, sikap, dan perilaku yang sesuai dengan etika dan moral yang berlaku, baik di lingkungan rumah, sekolah, maupun masyarakat.

Check Also

Kultum Ramadhan

SMP Al Irsyad Banyuwangi Asah Kemampuan Public Speaking Siswa melalui Kultum Ramadan

Bulan Ramadan menjadi momen istimewa bagi SMP Al Irsyad Al Islamiyyah Banyuwangi dalam mengasah kemampuan public speaking siswa. Salah satu upayanya adalah melalui kegiatan Kultum Ramadan setelah shalat Dzuhur berjamaah.

Tinggalkan Balasan