Jumat Taqwa di MI Al Irsyad Al Islamiyyah Banjarmasin: Menyemai Akhlak Mulia dan Sopan Santun

Banjarmasin – Suasana religius mengisi kompleks MI Al Irsyad Al Islamiyyah Banjarmasin pada Jumat Taqwa kali ini. Kegiatan dimulai dengan murajaah (pengulangan) surat-surat pendek dari juz 30 Al Qur’an oleh para siswa. Dilanjutkan dengan penuh khidmat, tausiah (ceramah agama) diadakan di lapangan sekolah bersama Ustaz Muhammad Ridho, S.Pd., yang juga merupakan guru Bahasa Arab dan Tahfiz di sekolah tersebut.

Tema tausiah kali ini adalah “Akhlak Mulia, Adab, dan Sopan Santun terhadap Orang Tua dan Guru.” Ustaz Muhammad Ridho menyampaikan pesan penting tentang pentingnya berakhlak baik dan memiliki adab yang luhur dalam berinteraksi dengan orang tua dan guru.

Ustaz Muhammad Ridho memulai tausiahnya dengan mengutip ayat-ayat Al Qur’an dan hadis-hadis Nabi Muhammad SAW yang menekankan pentingnya berbakti kepada orang tua. Beliau mengingatkan para siswa bahwa Allah SWT menempatkan ketaatan kepada orang tua setelah ketaatan kepada-Nya. Oleh karena itu, memuliakan dan menghormati orang tua adalah tuntutan agama yang harus dijunjung tinggi.

“Berbuat baik kepada orang tua tidak hanya sebatas membantu tugas-tugas rumah tangga, tetapi juga dalam tutur kata yang sopan, menghormati pendapat, dan selalu menghargai mereka sebagai orang yang penuh kasih dan pengorbanan,” ungkap Ustaz Muhammad Ridho.

Selain itu, dalam tausiahnya, Ustaz Muhammad Ridho juga menyinggung tentang adab dan sopan santun terhadap guru. Beliau menekankan pentingnya menghormati guru sebagai ustadz yang membimbing ilmu agama dan ilmu pengetahuan. “Guru adalah cahaya yang menerangi jalan kehidupan kita. Maka, kita harus menghormati, mendengarkan dengan penuh perhatian, dan menghargai guru kita,” ujarnya.

Ustaz Muhammad Ridho juga memberikan contoh-contoh nyata tentang bagaimana seorang siswa dapat menunjukkan akhlak mulia dan sopan santun dalam berinteraksi dengan orang tua dan guru. “Sikap hormat dan kasih sayang kita kepada orang tua dan guru adalah cerminan dari kesalehan hati dan kepribadian yang baik,” tambahnya.

Kepala sekolah, Ustazah Rosita Dewi, S.Pd., menyatakan bahwa kegiatan Jumat Taqwa ini merupakan bagian dari layanan sekolah kepada siswa. “Kegiatan Jumat Taqwa ini adalah salah satu bentuk layanan sekolah kepada siswa dalam mendidik mereka tidak hanya dari segi akademik, tetapi juga dari sisi akhlak dan spiritualitas. Kami berkomitmen untuk membekali siswa dengan nilai-nilai islami yang kuat, sehingga mereka dapat tumbuh menjadi generasi yang berbudi pekerti mulia dan berakhlak terpuji,” ungkap Ustazah Rosita.

Dengan adanya pembinaan agama dan nilai-nilai islami yang kuat melalui kegiatan Jumat Taqwa, diharapkan siswa dapat lebih memahami ajaran agama, memperkuat iman, serta menanamkan sikap bermartabat dan sopan santun dalam kehidupan sehari-hari. Semoga kegiatan ini menjadi momen penting dalam membentuk kepribadian siswa yang berakhlakul karimah dan memiliki semangat untuk selalu meningkatkan diri.

Check Also

Undang Profesor dari Mesir, 12 Guru Al Irsyad Purwokerto Ikuti Dauroh Bahasa Arab dan Al Quran Bersanad

Dalam rangka meningkatkan kualitas pengajaran bahasa Arab dan Al Quran, 12 guru dari Sekolah Al Irsyad Al Islamiyyah Purwokerto mengikuti Dauroh Bahasa Arab dan Al Quran Bersanad. Dauroh ini diadakan selama 5 hari, dari tanggal 19 hingga 23 Februari 2024, di Wisma Holtikultura Baturraden, Purwokerto.