Uwad Syawal Al Irsyad Al Islamiyyah Purwokerto: Memperkuat Ukhuwah dan Semangat Mengajar Menuju Generasi Islam Berkualitas

Purwokerto- Selasa,16 April 2024. Lajnah Pendidikan dan Pengajaran (LPP) Al Irsyad Al Islamiyyah Purwokerto menyelenggarakan acara silaturahmi keluarga besar guru dan karyawan yang bertajuk “Uwad Syawal”. Acara yang berlangsung di Gedung Ukhuwah Islamiyah UMP Purwokerto ini dihadiri oleh 1036 peserta. Yaitu paar guru dan karyawan beserta keluarga, pengurus Pimpinan Cabang (PC), pengurus Yayasan, karyawan purna tugas, dan pengurus komite sekolah.

Lebih dari sekadar momen halalbihalal, acara ini menjadi wadah penting untuk memperkuat ukhuwah dan semangat para guru dan karyawan. Terutama dalam mengabdikan diri di sekolah-sekolah Al Irsyad Al Islamiyyah Purwokerto. Semangat kebersamaan dan kekeluargaan terpancar jelas dari interaksi para guru dan karyawan lintas unit sekolah, mulai dari KB, TK, SD 01, SD 02, SMP, SMAIT, hingga unit sekolah binaan TK Sikapat dan TK Kaliori.

Penegasan Peran Penting Sekolah Islam dan Guru di Era Modern

Dalam sambutannya, Ustaz Said Muchsin Basalamah, Ketua PC Al Irsyad Al Islamiyyah Purwokerto, menyampaikan penekanan krusial mengenai peran sekolah Islam dalam memerangi kebodohan dan mencerdaskan generasi muda Islam. Beliau menegaskan bahwa pendidikan berkualitas yang ditanamkan di sekolah Islam menjadi kunci bagi generasi penerus untuk memahami diri dan lingkungannya dengan baik. Sekaligus mampu menghadapi berbagai tantangan dan penjajahan pemikiran di era modern. Hal ini, menurut beliau, merupakan tanggung jawab mulia para guru pada masa kini.

Sambutan Penuh Apresiasi dari Wakil Guru dan Karyawan

Ustaz Mustamim Luthfi, S.Pd.I., Kepala SMP Al Irsyad Al Islamiyyah Purwokerto, yang mewakili seluruh guru dan karyawan, turut menyampaikan sambutan dalam acara tersebut. Beliau mengungkapkan terima kasih yang mendalam kepada PC dan Yayasan Al Irsyad Al Islamiyyah Purwokerto atas bimbingan dan dukungan kepada para guru dan karyawan. Dukungan ini berperan penting dalam membantu para guru dan karyawan menjalankan tugas mereka dengan baik, sekaligus dalam pengembangan diri mereka.

Ustaz Mustamim berharap agar sekolah Al Irsyad Al Islamiyyah Purwokerto dapat terus maju menjadi lembaga pendidikan Islam yang berkualitas dan terdepan. “Kita semua berharap, sekolah Al Irsyad Al Islamiyyah Purwokerto menjadi lembaga yang berkualitas dan terdepan. Semoga para guru dan siswanya berilmu, bertaqwa, dan berakhlak mulia,” tuturnya.

Tausiyah Inspiratif dan Resolusi Pasca Ramadhan

Menambah makna dan semangat di bulan Syawal, Ustaz Agus Tardian, M.Pd., hadir menyampaikan tausiyah berjudul “Resolusi Pasca Ramadhan”. Tausiyah ini memberikan 6 pesan penting untuk dipegang teguh oleh para guru dan karyawan. Terutama dalam menjalankan tugas dan kehidupan sehari-hari, yaitu:

  1. Keteguhan Hati: Memiliki pendirian yang kuat dalam segala hal, terutama dalam urusan agama.
  2. Tekad Kuat: Memiliki kemauan keras untuk selalu melakukan hal yang benar dan bermanfaat.
  3. Syukur dan Ibadah Optimal: Bersyukur atas nikmat dan senantiasa menjalankan ibadah dengan penuh khusyuk dan maksimal.
  4. Hati Bersih dan Lisan Jujur: Menjaga hati agar selalu bersih dari prasangka buruk dan menjaga lisan agar selalu berkata yang benar dan jujur.
  5. Memohon Kebaikan dan Berlindung dari Keburukan: Selalu memohon kebaikan kepada Allah SWT dan memohon perlindungan dari segala keburukan dan dosa.
  6. Husnudzon kepada Allah SWT: Yakin bahwa Allah SWT mengetahui segala sesuatu dan selalu berprasangka baik kepada-Nya.
Para guru dan karyawan berkesempatan bersalaman langsung dengan Ketua LPP (batik hitam) beserta para pengurus PC dan yayasan.

Lebih dari Sekadar Acara Silaturahmi

Uwad Syawal Al Irsyad Al Islamiyyah Purwokerto rupanya tidak sekadar momen silaturahmi biasa. Tetapi merupakan sarana untuk meningkatkan motivasi dan semangat para guru dan karyawan dalam menjalankan tugas mulia mereka. Semoga Uwad Syawal berhasil menjalin ukhuwah yang kuat dan semangat mengajar yang tinggi. Sehingga Al Irsyad Al Islamiyyah Purwokerto dapat terus berkontribusi dalam melahirkan generasi muda Islam yang berilmu, bertaqwa, dan berakhlak mulia, siap menjadi pemimpin masa depan bangsa.

Baca juga: Raih Penghargaan Adiwiyata, SD Al Irsyad 01 Dan 02 Purwokerto Tegaskan Komitmen Peduli Lingkungan

Check Also

Raih Penghargaan Adiwiyata, SD Al Irsyad 01 Dan 02 Purwokerto Tegaskan Komitmen Peduli Lingkungan

SD 01 dan SD 02 Al Irsyad Al Islamiyyah Purwokerto menerima penghargaan Sekolah Adiwiyata Kabupaten Banyumas dalam sebuah acara penyerahan yang dipimpin langsung oleh Penjabat (Pj) Bupati Banyumas, Hanung Cahyo Saputro, S.STP. M.Si., pada Kamis pagi (21/3).

Tinggalkan Balasan