pondok ramadhan

Pondok Ramadan SMP Al Irsyad Al Islamiyyah Banyuwangi Tingkatkan Kualitas Ibadah Siswa

Banyuwangi – SMP Al Irsyad Al Islamiyyah Banyuwangi kembali menyelenggarakan kegiatan Pondok Ramadan dengan tema “Ramadhanku Kebahagiaanku”. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman dan motivasi kepada siswa tentang pentingnya meningkatkan kualitas ibadah selama bulan Ramadan.

“Pondok Ramadan merupakan salah satu agenda rutin tahunan SMP Al Irsyad Al Islamiyyah Banyuwangi,” ujar Ustadzah Aisyah, selaku penanggung jawab kegiatan. “Tujuannya untuk menjadikan bulan Ramadan sebagai momen kebahagiaan dan meningkatkan kecintaan siswa terhadap amalan ibadah selama bulan Ramadan.”

Sekolah menyusun materi kegiatan Pondok Ramadan seputar ibadah Ramadan. Seperti kewajiban berpuasa, keutamaan tarawih, dan pentingnya membaca Al-Qur’an. Selain itu, para guru pendamping mengajak siswa untuk berlatih dan meningkatkan kualitas ibadah mereka melalui kegiatan tamadhu. Yaitu meliputi tartil (membaca Al-Qur’an dengan tajwid yang baik), muroja’ah (mengulang hafalan Al-Qur’an), dan shalat dhuha.

Pada sepuluh terakhir bulan Ramadan, siswa juga diajak untuk mengikuti kegiatan itikaf. Yaitu berdiam diri di masjid untuk beribadah secara khusyuk. Ustaz Muhammad Yusuf, pemateri kegiatan, menjelaskan bahwa itikaf merupakan salah satu amalan utama di bulan Ramadan, terutama pada malam Lailatul Qadr.

“Malam Lailatul Qadr adalah malam paling utama di bulan Ramadan, yang nilainya lebih baik dari seribu bulan,” ujar Ustaz Yusuf. “Oleh karena itu, kami mengajak seluruh siswa untuk mengikuti kegiatan itikaf agar dapat meraih keutamaan malam tersebut.”

Kegiatan Pondok Ramadan SMP Al Irsyad Al Islamiyyah Banyuwangi diharapkan dapat memberikan bekal kepada siswa untuk menjalankan ibadah Ramadan dengan penuh keikhlasan dan keyakinan. Selain itu, semoga dapat meningkatkan kecintaan siswa terhadap bulan Ramadan dan amalan-amalan ibadahnya.

Baca Juga: SMP Al Irsyad Banyuwangi Asah Kemampuan Public Speaking Siswa melalui Kultum Ramadan

Check Also

Raih Penghargaan Adiwiyata, SD Al Irsyad 01 Dan 02 Purwokerto Tegaskan Komitmen Peduli Lingkungan

SD 01 dan SD 02 Al Irsyad Al Islamiyyah Purwokerto menerima penghargaan Sekolah Adiwiyata Kabupaten Banyumas dalam sebuah acara penyerahan yang dipimpin langsung oleh Penjabat (Pj) Bupati Banyumas, Hanung Cahyo Saputro, S.STP. M.Si., pada Kamis pagi (21/3).

Tinggalkan Balasan