Yaumu Nida’il Quran: Mempererat Cinta Pada Al-Quran

Purwokerto – Pada Sabtu (26/08), Guru Al-Quran dari Al Irsyad Al Islamiyyah Boarding School (AABS) Purwokerto menggelar acara Yaumu Nida’il Quran, sebuah halaqoh Al-Quran yang pertama kali diadakan di Masjid Fatimatuzzahra (Mafaza) di Kompleks UNSOED, Grendeng Purwokerto.

Acara Yaumu Nida’il Quran, yang juga dikenal sebagai “Cerahkan Harimu dengan Al-Quran,” bertujuan untuk membentuk karakter para santri agar semakin mencintai Al-Quran. Kegiatan ini juga dirancang sebagai waktu untuk merefresh anak-anak dalam proses menghafal Al-Quran.

Para peserta dalam acara ini adalah santriwati tingkat IX yang terbagi menjadi kelompok halaqoh dengan program itqon dan ziyadah. Dalam program itqon, anak-anak memfokuskan pada muraja’ah juz 30 dan juz 1. Sementara dalam program ziyadah, mereka melanjutkan hafalan mereka seperti biasa.

Dengan khidmat, seluruh peserta terlibat dalam proses menghafal Al-Quran dan bergantian menunjukkan setoran hafalan mereka kepada Ustazah Evti Falinda, S.Pd.I., Mualim Al Qur’an dari AABS Purwokerto.

Para peserta yang berhasil menunjukkan setoran terbanyak dan paling sedikit kesalahan mendapatkan penghargaan dari guru Al-Quran.

Yaumu Nida’il Quran direncanakan akan menjadi kegiatan rutin untuk memberikan anak-anak kesempatan untuk merefresh hafalan Al-Quran mereka.

“Saya mengucapkan selamat atas partisipasi dalam acara ini. Semoga melalui kegiatan ini, motivasi dalam menghafal Al-Quran semakin meningkat,” ujar Ustazah Evti Falinda, S.Pd.I., Mualim Al Qur’an dari AABS Purwokerto, dalam sambutannya.

Selain menghafal, anak-anak juga bermain game ‘Jejak Rasul’ sebelum acara berakhir. Game ini secara relevan terkait dengan hafalan Al-Quran yang mereka lakukan.

Check Also

Pelatihan Nasional MPP

Tingkatkan Kualitas Sekolah di Seluruh Indonesia: Al Irsyad Gelar Pelatihan Nasional

Majelis Pendidikan dan Pengajaran (MPP) Pimpinan Pusat (PP) Al Irsyad Al Islamiyyah menggelar Pelatihan Nasional Guru dan Manajemen Sekolah pada 12-15 Juli 2024 di area Al Irsyad Al Islamiyyah Boarding School (AABS) Purwokerto. Kegiatan ini diikuti oleh para guru dan manajemen sekolah dari berbagai sekolah Al Irsyad Al Islamiyyah se Indonesia.