Siswi MA Al Irsyad Bondowoso Berbagi Tips Manajemen Diri kepada Siswa SD

Bondowoso – Tiga siswi Madrasah Aliyah (MA) Al Irsyad Al Islamiyyah Bondowoso, Nadlilah, Nadin, dan Thifal, berkesempatan berbagi tips tentang mengelola perlengkapan pribadi kepada para siswa di SD Muhammadiyah Bondowoso. Kegiatan ini merupakan bagian dari pelatihan public speaking di MA Al Irsyad Al Islamiyyah Bondowoso. Tampak para siswi menyampaikan materi yang telah mereka siapkan sesuai arahan guru pendamping. Selasa, 6 Februari 2024.

Nadlilah menjelaskan bahwa materi yang disampaikannya berfokus pada manajemen diri, khususnya tanggung jawab terhadap barang-barang keperluan pribadi. “Kami memberikan pemahaman tentang kesadaran menjaga barang di sekolah. Tentang cara memisahkan barang yang penting dan kurang penting untuk kebutuhan sekolah, serta mencatat semua barang. Pengetahuan ini sangat penting untuk siswa sekolah dasar, sebagai pembentukan karakter awal bagi mereka,” ujarnya.

Ustadzah Alma, guru pendamping, mengungkapkan bahwa pihaknya mendampingi sejak awal persiapan hingga pelaksanaan kegiatan. “sebenarnya mereka sudah berlatih sebelumnya di sekolah bersama kami. Para siswa telah belajar cara memilih dan menyusus kalimat hingga cara menyapa anak-anak. Namun demikian, kami tetap hadir mendampingi para siswi ini untuk mengukur tingkat pengetahuan dan keterampilan siswi kami di lapangan,” tuturnya.

Sementara itu, Ustaz Hairul Rozy, S.Pd., Kepala MA Al Irsyad Bondowoso, menjelaskan bahwa salah satu kompetensi lulusan MA adalah pengasuhan. “Mereka adalah para calon ibu yang memiliki kewajiban mendidik anak-anak generasi mendatang. Sehingga perlu mengenal tantangan berkomunikasi dengan anak-anak. Mereka belajar menjelaskan konsep akhlak kepada anak-anak SD, ini tantangan yang bagus untuk melatih kepekaan dan emosional siswi kami,” terangnya.

Lebih lanjut, Ustaz Rozy menegaskan bahwa mental para siswi harus siap untuk mendidik dan mengasuh anak-anak. “Itu adalah kemampuan dasar dan mutlak harus dimiliki oleh para siswi MA,” tandasnya. Dia berharap, kegiatan ini bermanfaat bagi siswa SD sekaligus berhasil melatih kemampuan komunikasi siswi kami.

Check Also

Tingkatkan Layanan: SMA IT Al Irsyad Purwokerto Ajak Seluruh Guru Berlatih Membangun Kesejahteraan Psikologis Siswa

SMA IT Al Irsyad Al Islamiyyah Purwokerto berkomitmen untuk membangun kesejahteraan psikologis siswanya. Hal ini dibuktikan dengan diadakannya pelatihan bertajuk “Membangun Kesejahteraan Psikologis Siswa” pada hari Sabtu, 24 Februari 2024.

Tinggalkan Balasan