Belajar Matematika: Siswa Kelas 2 SD Al Irsyad 01 Purwokerto Sajikan Salad Buah

Purwokerto – Pada Sabtu (20/01), sebanyak 153 siswa tingkat 2 SD Al Irsyad Al Islamiyyah 01 Purwokerto meriahkan kegiatan Cooking Day di gedung 3 sekolah. Acara ini bertujuan untuk memperkenalkan siswa pada seni memasak sekaligus menggabungkannya dengan pembelajaran matematika.

Dalam kegiatan ini, anak-anak dibimbing untuk membuat salad buah dengan menggunakan berbagai alat dan bahan. Beberapa bahan yang digunakan termasuk berbagai macam buah segar, jelly, susu kental manis, mayonaise, dan keju parut. Melalui kegiatan ini, mereka tidak hanya belajar tentang rasa dan estetika dalam membuat hidangan, tetapi juga mendapatkan pemahaman mengenai kandungan vitamin dalam buah-buahan.

Tujuan utama dari Cooking Day ini adalah agar siswa dapat mengenal dan memahami tata cara serta prosedur pembuatan salad buah. Dengan cara ini, mereka dapat mengembangkan keterampilan memasak sejak dini sambil menumbuhkan minat terhadap bahan makanan yang sehat.

Selain itu, kegiatan ini juga menjadi wadah untuk mempelajari materi matematika, khususnya topik pecahan. Selama sesi pembuatan salad, siswa diajak untuk menggunakan konsep matematika dalam mengukur takaran bahan, menghitung perbandingan antara berbagai komponen, dan memahami pentingnya keakuratan dalam membuat hidangan.

Ustadzah yang memandu kegiatan memberikan penjelasan dan demo yang disambut dengan antusiasme tinggi oleh siswa. Mereka dengan penuh semangat mengikuti setiap langkah yang diajarkan dan langsung mempraktekkan pembuatan salad buah. Kegembiraan terpancar dari wajah-wajah ceria para siswa, yang tidak hanya belajar mengenai makanan sehat tetapi juga merasakan keasyikan belajar matematika dalam konteks yang menyenangkan.

Kegiatan Cooking Day Level 2 ini tidak hanya menjadi momen berharga bagi siswa dalam mengembangkan keterampilan kulinernya, tetapi juga menciptakan pengalaman pembelajaran yang menyenangkan dan bermakna. Semoga kegiatan semacam ini dapat terus diadakan untuk memberikan peluang kepada siswa untuk belajar dengan cara yang kreatif dan interaktif.

Check Also

Undang Profesor dari Mesir, 12 Guru Al Irsyad Purwokerto Ikuti Dauroh Bahasa Arab dan Al Quran Bersanad

Dalam rangka meningkatkan kualitas pengajaran bahasa Arab dan Al Quran, 12 guru dari Sekolah Al Irsyad Al Islamiyyah Purwokerto mengikuti Dauroh Bahasa Arab dan Al Quran Bersanad. Dauroh ini diadakan selama 5 hari, dari tanggal 19 hingga 23 Februari 2024, di Wisma Holtikultura Baturraden, Purwokerto.

Tinggalkan Balasan