Jelajah Alam, Siswa Kelas 1 SD Al Irsyad 02 Purwokerto Diajak Mengenali Benda Alami dan Buatan

Purbalingga – Siswa kelas 1 SD Al Irsyad Al Islamiyyah 02 menggelar kegiatan Outdoor Learning yang penuh inspirasi dengan tema “Jelajah Alam untuk Mengetahui Manfaat Benda Alami dan Buatan” di Purbasari Pancuranmas, Purbalingga, pada hari Sabtu, 20 Januari 2024.

Outdoor Learning, sebuah metode pembelajaran yang mengandalkan lingkungan alam terbuka, kembali menjadi sorotan di sekolah ini. Wakil Kepala Sekolah, Ustazah Siti Puji Yunianti, M.Pd., dengan penuh semangat menjelaskan bahwa Outdoor Learning adalah salah satu cara yang efektif untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa.

“Melalui kegiatan ini, kami ingin siswa tidak hanya belajar dari buku atau kelas, tetapi juga dapat merasakan dan memahami langsung keindahan alam serta manfaatnya,” ungkap Ustazah Siti Puji Yunianti.

Tujuan utama dari kegiatan ini adalah memberikan pemahaman kepada siswa mengenai benda alami dan buatan, serta manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari. Dengan berfokus pada pemanfaatan benda alami menjadi benda buatan, siswa diharapkan dapat mengembangkan kreativitas mereka.

Ustazah Siti Puji Yunianti menambahkan, “Kami berharap kegiatan ini tidak hanya sekadar mengajarkan siswa mengenal alam, tetapi juga membantu mereka memahami bagaimana benda-benda di sekitar kita dapat diolah menjadi sesuatu yang berguna.”

Selama kegiatan Jelajah Alam, siswa dibimbing untuk mengamati dan mengidentifikasi benda-benda alami seperti tanaman, batu, dan air sungai. Mereka juga diberikan berdiskusi tentang manfaat benda-benda alami dan benda buatan yang mereka temukan.

Dengan semangat penuh, siswa diberikan wawasan tentang betapa pentingnya bersyukur atas nikmat karunia Allah Ta’ala yang termanifestasi dalam keindahan alam. Melalui kegiatan ini, diharapkan siswa dapat tumbuh menjadi individu yang bijaksana dalam memanfaatkan sumber daya alam dan meningkatkan rasa syukur dalam kehidupan sehari-hari.

Check Also

Kultum Ramadhan

SMP Al Irsyad Banyuwangi Asah Kemampuan Public Speaking Siswa melalui Kultum Ramadan

Bulan Ramadan menjadi momen istimewa bagi SMP Al Irsyad Al Islamiyyah Banyuwangi dalam mengasah kemampuan public speaking siswa. Salah satu upayanya adalah melalui kegiatan Kultum Ramadan setelah shalat Dzuhur berjamaah.

Tinggalkan Balasan