PB Wanita dan PP Al Irsyad Siapkan Strategi Peningkatan Kualitas PAUD Al Irsyad se-Indonesia

Senin, 21 Agustus 2023 – Dalam upaya untuk meningkatkan kualitas pendidikan anak usia dini (PAUD) di seluruh Indonesia, Pengurus Besar (PB) Wanita Al Irsyad bekerjasama dengan Majelis Pendidikan dan Pengajaran (MPP) Pimpinan Pusat Al Irsyad Al Islamiyyah mengadakan sebuah acara sosialisasi program pengelolaan PAUD Al Irsyad se-Indonesia secara daring. Kegiatan ini berlangsung pada Senin, 21 Agustus 2023, mulai dari jam 09.00 hingga 11.00. Para kepala sekolah dari berbagai daerah diundang untuk memperkenalkan program-program penting dalam bidang PAUD Al Irsyad.

Acara tersebut menghadirkan para tokoh penting dalam bidang pendidikan, antara lain:

  • Ibu Dra. Fahimah Abdul Kadir Askar, Ketua Umum Pengurus Besar Wanita Al-Irsyad.
  • Ibu dr. Djamilah Haidar Bahasoean, Sekretaris Jenderal Pengurus Besar Wanita Al-Irsyad.
  • Ibu Refi Sulistyotini, S. Sos., Mont. Dpl, Perwakilan Departemen Pendidikan PB Wanita Al-Irsyad.
  • Ustadz Sadikun, M. Pd. I, Ketua Majelis Pendidikan dan Pengajaran Al-Irsyad Al-Islamiyyah.
  • Ustadzah Nur Sabiha, anggota Tim MPP yang memaparkan Program Kerja Departemen Pendidikan Khusus PAUD Al-Irsyad.

Ibu Dra. Fahimah Abdul Kadir Askar menyampaikan pentingnya kerjasama antara PB Wanita Al Irsyad dan MPP Al Irsyad dalam mengelola pendidikan anak usia dini. Menurutnya, pemahaman dan dukungan antara kedua lembaga ini akan mempercepat peningkatan mutu pendidikan PAUD Al-Irsyad se-Indonesia. Ia juga menekankan bahwa pengelolaan PAUD Al-Irsyad diamanahkan kepada Wanita Al-Irsyad sesuai amanah Muyawarah Besar Wanita Al-Irsyad.

Ibu Dra. Fahimah Abdul Kadir Askar menjelaskan bahwa acara tersebut merupakan lanjutan dari pertemuan sebelumnya pada tanggal 15 Agustus 2023 dengan seluruh Ketua PWW & PCW Al-Irsyad Al-Islamiyyah. Pertemuan ini merupakan langkah awal untuk pembinaan dan kunjungan ke PAUD Al-Irsyad se-Indonesia. Kunjungan ini akan berfokus pada beberapa aspek penting, seperti pendataan kondisi sekolah, penyusunan kurikulum, sosialisasi kurikulum, pendampingan sekolah, dan pelatihan-pelatihan bagi pendidik di PAUD Al-Irsyad.

Ustadzah Nur Sabiha menjelaskan bahwa tujuan dari program ini adalah untuk memastikan mutu pendidikan anak usia dini yang berkualitas melalui beberapa komponen penting. Seluruh komponen ini bertujuan untuk menciptakan lingkungan belajar yang holistik dan terintegrasi.

Hasil dari pertemuan ini akan direspons dengan pembentukan tim pengembang kurikulum dan persiapan pelatihan dan webinar online. Diharapkan bahwa kerjasama antara PB Wanita Al Irsyad dan MPP Al Irsyad akan terus memperkuat pendidikan PAUD di seluruh Indonesia, menciptakan generasi yang cerdas, kreatif, dan bermoral.

Check Also

Undang Profesor dari Mesir, 12 Guru Al Irsyad Purwokerto Ikuti Dauroh Bahasa Arab dan Al Quran Bersanad

Dalam rangka meningkatkan kualitas pengajaran bahasa Arab dan Al Quran, 12 guru dari Sekolah Al Irsyad Al Islamiyyah Purwokerto mengikuti Dauroh Bahasa Arab dan Al Quran Bersanad. Dauroh ini diadakan selama 5 hari, dari tanggal 19 hingga 23 Februari 2024, di Wisma Holtikultura Baturraden, Purwokerto.