School Lunch Program: IGBS bersama IPB Berikan Edukasi Kesehatan kepada Santriwati

Cileungsi, Bogor – Islamic Girls Boarding School (IGBS) Darul Marhamah Cileungsi menjadi salah satu sekolah sasaran program School Lunch Program 2024 yang dilaksanakan secara serentak di tiga kota berbeda yaitu Serang, Bogor, dan Mojokerto.

Program ini merupakan kegiatan pendampingan ahli gizi dari IPB terhadap beberapa pesantren dalam memberikan edukasi tentang gizi yang menyasar para santri di Madrasah Tsanawiyah (MTs) dan Madrasah Aliyah (MA) Darul Marhamah.

Kegiatan pendampingan awal dimulai dengan screening gizi yang berkaitan dengan pengukuran tinggi dan berat badan serta pengisian kuisioner para santri Darul Marhamah pada Jumat (26/01) lalu.

“Hari ini dilakukan screening gizi awal dimana dilakukan pengukuran berat dan tinggi badan serta pengisian kuisioner,” ungkap Mila, salah satu pendamping gizi dari IPB.

Menurut pendamping gizi lain dari Institut Pertanian Bogor (IPB), Dian, mengatakan bahwa dengan pengisian kuisioner tersebut didapatkan data awal masing-masing santri berupa berat dan tinggi badan, sosial ekonomi, dan riwayat kesehatan serta kebiasaan makan dari para santri.

Program ini akan dilaksanakan secara berkelanjutan selama enam bulan ke depan dan akan dilakukan screening gizi lagi di akhir bulan keenam. Oleh karena itu program ini juga melibatkan pendampingan menejemen penyediaan makanan yang ada di dapur pesantren serta edukasi gizi berkelanjutan oleh para guru.

Program School Lunch Program 2024 ini diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan dan kesadaran para santri tentang pentingnya gizi seimbang, serta membantu mereka dalam menerapkan pola makan yang sehat dan bergizi.

Check Also

Pelatihan Nasional MPP

Tingkatkan Kualitas Sekolah di Seluruh Indonesia: Al Irsyad Gelar Pelatihan Nasional

Majelis Pendidikan dan Pengajaran (MPP) Pimpinan Pusat (PP) Al Irsyad Al Islamiyyah menggelar Pelatihan Nasional Guru dan Manajemen Sekolah pada 12-15 Juli 2024 di area Al Irsyad Al Islamiyyah Boarding School (AABS) Purwokerto. Kegiatan ini diikuti oleh para guru dan manajemen sekolah dari berbagai sekolah Al Irsyad Al Islamiyyah se Indonesia.

Tinggalkan Balasan