Workshop Nasional: 80 Kepala Sekolah Al Irsyad belajar langsung dari Puskur Kemendikbudristek

Baturaden – Pimpinan Pusat Al Irsyad Al Islamiyyah dan Kemendikbudristek bersinergi menyelenggarakan Workshop Nasional Implementasi Kurikulum Merdeka di Baturaden, Purwokerto, Banyumas, Jawa Tengah. Tidak kurang ada 80 kepala sekolah Al Irsyad Al Islamiyyah dari berbagai provinsi mengikuti workshop yang berlangsung pada 5 hingga 8 Maret 2024.

Workshop ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan membekali guru serta kepala sekolah dengan keterampilan dalam mengimplementasikan Kurikulum Merdeka di sekolahnya.

Ketua Panitia Workshop, Totok Yuliyanto, M.Pd., menyampaikan bahwa Kurikulum Merdeka memberikan otonomi yang lebih luas kepada sekolah untuk mengembangkan kurikulum yang sesuai dengan kebutuhan dan karakteristik peserta didiknya. “Hal ini tentu saja membutuhkan pemahaman dan keterampilan yang baru dari para guru dan kepala sekolah,” ungkapnya.

MPP berharap workshop ini dapat membantu para peserta dalam mengimplementasikan Kurikulum Merdeka di sekolahnya. “Dengan mengikuti workshop ini, para peserta akan mendapatkan pengetahuan dan keterampilan yang dibutuhkan untuk mengimplementasikan Kurikulum Merdeka di sekolahnya,” ujar Totok Yuliyanto.

Narasumber Kemendikbudristek

Workshop ini menghadirkan narasumber-narasumber kompeten dari Kemendikbudristek dan praktisi pendidikan berpengalaman.

  • Drs. Zulfikri Anas, M.Ed., Kepala Pusat Kurikulum dan Pembelajaran Kemendikbudristek: Peta Jalan Pendidikan Indonesia 2020 – 2035
  • Anitawati, S.S., Pengembang Kurikulum Ahli Muda Puskurjar Kemendikbudristek dan Prayoga Rendra Vendiktama, S.Pd., Penelaah Teknis Kebijakan:
    • Kebijakan Kurikulum
    • Pembelajaran
    • Asesmen
    • Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila
  • Nur Fitriana, MA., PTP Ahli Muda BBGP DIY dan Praktisi STEM: Penyusunan Modul Ajar (CP, TP, ATP, KKTP)

Tidak hanya itu, seluruh peserta berkesempatan mengikuti materi tentang Mabadi Al Irsyad Al Islamiyyah bersama Prof. Dr. Faisol Bin Madi, MA., Ketua Umum Pimpinan Pusat Al Irsyad Al Islamiyyah

Workshop Nasional Implementasi Kurikulum Merdeka ini merupakan langkah awal yang penting dalam mewujudkan pendidikan yang lebih berkualitas di Indonesia. Dengan semangat kolaborasi antara Kemendikbudristek dan Pimpinan Pusat Al Irsyad Al Islamiyyah, semoga sekolah-sekolah Al Irsyad Al Islamiyyah dapat mengimplementasikan kurikulum merdeka dengan baik di sekolah-sekolah Al Irsyad Al Islamiyyah dan membawa manfaat bagi seluruh peserta didik.

Baca juga : Serba Foto, Workshop Nasional IKM

Check Also

Raih Penghargaan Adiwiyata, SD Al Irsyad 01 Dan 02 Purwokerto Tegaskan Komitmen Peduli Lingkungan

SD 01 dan SD 02 Al Irsyad Al Islamiyyah Purwokerto menerima penghargaan Sekolah Adiwiyata Kabupaten Banyumas dalam sebuah acara penyerahan yang dipimpin langsung oleh Penjabat (Pj) Bupati Banyumas, Hanung Cahyo Saputro, S.STP. M.Si., pada Kamis pagi (21/3).