Berkemah: Santriwati Darul Marhamah Tempa Kemandirian dan Disiplin Diri

Cileungsi – Penggalang dan Penegak Madrasah Tsanawiyah (MTs) maupun Madrasah Aliyah (MA) Islamic Girls Boarding School (IGBS) Darul Marhamah Cileungsi mengikuti kegiatan Perkemahan Jumat Sabtu (Perjusa) pada 9-10 Februari 2024 di bumi perkemahan Karang Kitri, Karang Mulya, Bekasi.

Perkemahan ini merupakan bagian dari kegiatan Pramuka yang merupakan ekstrakulikuler wajib di Darul Marhamah. Kegiatan ini bertujuan untuk membekali santriwati dengan pendidikan kepanduan, menumbuhkan kemandirian, dan jiwa kepemimpinan.

Selama dua hari, para santriwati mengikuti berbagai agenda kegiatan yang edukatif dan menantang. Seperti materi kepanduan, baris berbaris, api unggun, jelajah alam, dan upacara kenaikan tingkat kecakapan.

Kenaikan Tingkat Kecakapan: Apresiasi atas Prestasi dan Ketekunan

Perjusa kali ini menjadi momen istimewa bagi para santriwati karena diadakannya upacara kenaikan tingkat kecakapan dan penyematan Tanda Kecakapan Umum (TKU). Yakni kenaikan tingkat Penegak Bantara untuk para santriwati MA kelas 10, lalu kenaikan tingkat Penggalang Ramu untuk santriwati MTs kelas 7, dan kenaikan tingkat Penggalang Ramu untuk santriwati MTs kelas 8.

Tak hanya itu, diberikan pula penghargaan dan penyematan Tanda Kecakapan Khusus (TKK) bagi peserta, diantaranya kecakapan menjahit, jelajah, dan berkemah.

Kak Nanik Novianti Isnawiah, selaku Ketua Majelis Pembimbing Gugus Depan (Mabigus) Darul Marhamah, berpesan kepada para santriwati agar senantiasa menerapkan nilai-nilai Dasa Darma Pramuka dalam kehidupan sehari-hari.

“Gerakan Pramuka memiliki banyak manfaat bagi perkembangan remaja, baik secara fisik maupun mental. Saya harap kalian semua mengikuti seluruh kegiatan Perjusa dengan senang hati dan benar-benar mengamalkan Dasa Darma,” terangnya.

Dia berharap, kegiatan Perjusa ini dapat membentuk karakter santriwati Darul Marhamah yang mandiri, disiplin, memiliki jiwa kepemimpinan yang kuat. Sekaligus cinta tanah air dan memiliki semangat bela negara.

“Perjusa merupakan kegiatan yang bermanfaat bagi santriwati Darul Marhamah dalam mengembangkan karakter dan menumbuhkan jiwa kepemimpinan. Kegiatan ini insyaAllah dapat membentuk generasi muda yang tangguh dan siap berkontribusi bagi bangsa dan negara,” tambahnya berharap.

Check Also

Tingkatkan Layanan: SMA IT Al Irsyad Purwokerto Ajak Seluruh Guru Berlatih Membangun Kesejahteraan Psikologis Siswa

SMA IT Al Irsyad Al Islamiyyah Purwokerto berkomitmen untuk membangun kesejahteraan psikologis siswanya. Hal ini dibuktikan dengan diadakannya pelatihan bertajuk “Membangun Kesejahteraan Psikologis Siswa” pada hari Sabtu, 24 Februari 2024.

Tinggalkan Balasan