MPP Al Irsyad Al Islamiyyah Dorong Pendidikan Berkualitas melalui Alat Permainan Edukatif (APE)

Situbondo, 13 September 2023 – Majelis Pendidikan dan Pengajaran (MPP) Pimpinan Pusat Al Irsyad Al Islamiyyah turut aktif dalam mendukung pendidikan berkualitas di Indonesia dengan memberikan pendampingan kepada guru-guru TK Al Irsyad Al Islamiyyah Situbondo dalam pembuatan Alat Permainan Edukatif (APE). Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pendidikan yang bertanggung jawab terhadap masa depan bangsa.

Kegiatan yang berlangsung pada hari Rabu, 13 September 2023, ini melibatkan semua guru TK Al Irsyad Al Islamiyyah Situbondo. Mereka dibimbing secara intensif dalam pembuatan Alat Permainan Edukatif (APE) yang kemudian dinilai satu persatu.

Sebanyak 17 Alat Permainan Edukatif (APE) siap pakai berhasil dibuat oleh para guru. Yang menarik, alat permainan ini sebagian besar menggunakan bahan tidak terpakai, seperti kardus bekas, jam bekas, dan bahan-bahan lain yang sudah tidak digunakan lagi. Hal ini menunjukkan komitmen guru-guru TK Al Irsyad Al Islamiyyah Situbondo untuk menghasilkan alat permainan yang bermanfaat sambil menjaga lingkungan dengan mengurangi limbah.

Alat Permainan Edukatif (APE) yang berhasil dibuat ini diharapkan dapat membantu mengembangkan berbagai aspek penting dalam pendidikan anak-anak, termasuk nilai agama dan budi pekerti, pengembangan jati diri, literasi, serta pemahaman tentang ilmu sains dan teknologi (steam).

Ibu Elvi, anggota Pengurus Cabang Wanita Situbondo, menambahkan, “Kami berusaha meningkatkan profesionalitas para guru melalui beragam program peningkatan kompetensi guru. Selain itu, kami juga sangat menekankan pentingnya diadakan lomba APE dan pelatihan penataan lingkungan bermain di TK Al Irsyad Al Islamiyyah Situbondo. Hal ini tidak hanya akan meningkatkan kualitas pendidikan, tetapi juga menciptakan lingkungan belajar yang lebih menarik dan ramah anak.”

Dengan adanya dukungan dan pendampingan dari MPP Pimpinan Pusat Al Irsyad Al Islamiyyah serta komitmen dari Pengurus Cabang Wanita Situbondo, diharapkan pendidikan di TK Al Irsyad Al Islamiyyah Situbondo akan semakin berkualitas dan mempersiapkan generasi muda yang lebih baik untuk masa depan bangsa. Selain itu, keberhasilan penggunaan bahan-bahan daur ulang dalam pembuatan Alat Permainan Edukatif (APE) juga mengingatkan kita akan pentingnya menjaga lingkungan sekaligus mendukung pendidikan yang bertanggung jawab.

Check Also

SDIT Al Irsyad Al Islamiyyah Lemahabang Wujudkan Mimpi Anak Yatim Lewat Beasiswa

Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) Al Irsyad Al Islamiyyah Lemahabang berkomitmen untuk membantu mewujudkan mimpi anak yatim menjadi generasi yang Islami, unggul, dan berprestasi. Hal ini diwujudkan melalui program Beasiswa Yatim yang memberikan keringanan biaya pendidikan sepanjang tahun ajaran.