Penerimaan Tamu Ambalan Pramuka Penegak SMA AABS Purwokerto

Purwokerto – Upacara Penerimaan Tamu Ambalan (PTA) Ahmad Surkati-Cut Nyak Dien, Gugus Depan 04.159-04.160, berlangsung meriah di Lapangan Sekolah SMA Al Irsyad Al Islamiyyah Boarding School (AABS) pada Sabtu (29/07). Kegiatan tahunan ini merupakan bagian dari tradisi Pramuka Penegak SMA AABS Purwokerto dalam menerima dan meresmikan tamu ambalan menjadi bagian dari Ambalan Penegak Ahmad Surkati dan Cut Nyak Dien.

PTA juga menjadi momen penting untuk memberikan pengenalan tentang ekstrakurikuler wajib, yaitu Pramuka SMA AABS Purwokerto, kepada peserta didik baru kelas X. Melalui kegiatan ini, para peserta didik dapat lebih memahami esensi dan nilai-nilai yang terkandung dalam pramuka, sekaligus memperkuat rasa persatuan dan kebersamaan di antara anggota pramuka penegak.

Ustaz Fajrin Hidayat, S.Si., selaku Pembina Pramuka SMA AABS, berharap bahwa kegiatan ini akan memupuk rasa solidaritas antara anggota pramuka penegak. “Saya berharap dengan adanya kegiatan ini, akan terjalin rasa kebersamaan dan solidaritas yang kuat antara para pembina, dewan ambalan, dan para tamu ambalan,” ujar Ustaz Fajrin.

Upacara dimulai pukul 08.00 WIB, dihadiri oleh peserta dari siswa-siswi kelas X, kelas XI, dan kelas XII, yang didampingi oleh Kakak Pembina. Sebelum dilantik, perwakilan tamu ambalan menjawab pertanyaan terkait komitmen mereka untuk menjadi bagian dari pramuka penegak Ahmad Surkati dan Cut Nyak Dien.

Kesungguhan dan semangat peserta PTA terlihat dalam acara yang berlangsung dengan khidmat dari awal hingga akhir. Setelah upacara, seluruh peserta melanjutkan kegiatan kepramukaan yang telah disiapkan dengan penuh antusiasme.

Diharapkan melalui kegiatan Penerimaan Tamu Ambalan ini, semakin banyak generasi muda yang dapat terlibat dalam Pramuka Penegak SMA AABS Purwokerto, sehingga mereka dapat tumbuh dan berkembang dengan nilai-nilai kepramukaan yang kuat dan menjadi pribadi yang berakhlak Islami, tangguh, dan siap menghadapi berbagai tantangan di masa depan.

Check Also

Kultum Ramadhan

SMP Al Irsyad Banyuwangi Asah Kemampuan Public Speaking Siswa melalui Kultum Ramadan

Bulan Ramadan menjadi momen istimewa bagi SMP Al Irsyad Al Islamiyyah Banyuwangi dalam mengasah kemampuan public speaking siswa. Salah satu upayanya adalah melalui kegiatan Kultum Ramadan setelah shalat Dzuhur berjamaah.