Tingkatkan Prestasi dan Karakter Siswa, Kepala MA Darul Marhamah Dalami Cara Berpikir Suprarasional

Bogor – Dalam rangka meningkatkan pendidikan karakter dan prestasi siswa, Kepala Madrasah Aliyah (MA) Darul Marhamah, Ustadzah Nanik Novianti Isnawiah berkunjung ke Bogor untuk mempelajari konsep berpikir suprarasional. Bahkan langsung dari pencetusnya, Dr. Raden Ridwan Hasan Saputra, M.Si, Presiden Direktur Klinik Pendidikan MIPA (KPM) Seikhlasnya.

Pelatihan kecerdasan otak untuk kepala sekolah batch 3 ini diadakan pada hari Rabu (21/2) di Klinik Pendidikan Matematika (KPM) Laladon, Kabupaten Bogor. Bertema “membentuk sekolah berprestasi dalam bidang matematika dan IPA,” Dr. Raden Ridwan menjelaskan cara berpikir suprarasional sebagai solusi. Yakni ketika menghadapi persoalan yang tidak dapat diselesaikan secara rasional, maka atasi dengan menggunakan di atas rasional, yakni melalui pertolongan Allah.

Lebih lanjut, Dr. Raden Ridwan juga menjelaskan mengenai tabungan jiwa yang dapat terbentuk dengan melaksanakan semua aktivitas dengan niat ibadah. Strategi memperluas wadah rezeki pun menjadi pembahasan yang menarik, dimulai dengan membangun kesadaran pentingnya tabungan jiwa. Menariknya, wadah rezeki atau tabungan jiwa ini dapat terbentuk secara mandiri. Yakni dengan mengoptimalkan tiga unsur penting dalam diri manusia, yaitu akal (pikiran), hati (jiwa), dan panca indera (raga).

Ustadzah Nanik Novianti Isnawiah mengaku banyak mendapat pengetahuan dan pengalaman dari pelatihan ini. Ia berharap hasil pelatihan ini dapat membantunya dalam mendidik, sehingga menghasilkan santriwati yang memiliki karakter serta berprestasi.

“Berharap setelah mengikuti pelatihan ini, kami lebih baik lagi dalam mendidik karakter dan menambah prestasi Darul Marhamah. Saya senang berjumpa dengan pembicara hebat dan teman-teman peserta yang antusias, berbagi ilmu dan pengalaman.” tuturnya.

Sebagai informasi, Darul Marhamah aktif mengikuti beragam kegiatan Klinik Pendidikan MIPA (KPM) Seikhlasnya. Seperti lomba, pelatihan guru dan siswa baik secara online maupun offline. Beberapa lomba diantaranya adalah Kompetisi Matematika Nalaria Realistik (KMNR), Kompetisi Sains Nalaria Realistik (KSNR) International Kangaroo Mathematics Contest (IKMC) serta beberapa lomba lainnya.

Dengan mengikuti pelatihan ini, semoga MA Darul Marhamah dapat meningkatkan kualitas pendidikan dan menghasilkan lulusan yang berprestasi dan berkarakter mulia.

Check Also

Raih Penghargaan Adiwiyata, SD Al Irsyad 01 Dan 02 Purwokerto Tegaskan Komitmen Peduli Lingkungan

SD 01 dan SD 02 Al Irsyad Al Islamiyyah Purwokerto menerima penghargaan Sekolah Adiwiyata Kabupaten Banyumas dalam sebuah acara penyerahan yang dipimpin langsung oleh Penjabat (Pj) Bupati Banyumas, Hanung Cahyo Saputro, S.STP. M.Si., pada Kamis pagi (21/3).

Tinggalkan Balasan