Demokrasi Santri: MTs dan MA Al Irsyad Al Islamiyyah Bondowoso Gelar Pemilihan Ketua MPK

Bondowoso – MTs dan MA Al Irsyad Al Islamiyyah Bondowoso menyelenggarakan pemilihan ketua Majelis Permusyawaratan Kelas (MPK) pada tanggal 20 Februari 2024. Pemilihan ini merupakan implementasi dari program P5-RA dengan tema “Suara Demokrasi.” Tujuan kegiatan ini yakni menumbuhkan karakter demokrasi dan kepemimpinan di kalangan santri.

Proses pemilihan berlangsung dengan tertib dan demokratis. Para santri sebagai pemilih, menggunakan hak pilih mereka untuk memilih calon ketua MPK yang mereka nilai mampu mewakili aspirasi dan kepentingan mereka.

“Pemilihan ketua MPK ini merupakan momen penting dalam kehidupan sekolah. Melalui proses ini, para santri belajar tentang demokrasi. Diantaranya tentang bagaimana memilih pemimpin yang ideal,” ujar Ustad Tri Yulistiawan, Wakil Kepala Bidang Kesantrian.

Pemilihan ketua MPK di MTs dan MA Al Irsyad Al Islamiyyah Bondowoso memiliki beberapa keunikan, yaitu:

  • Penerapan P5-RA: Sekolah mengintegrasikan pemilihan ini dengan program P5-RA untuk memperkuat karakter demokrasi dan kepemimpinan di kalangan santri.
  • Fokus pada karakter santri sebagai pelajar Pancasila: Sekolah mengajak para santri untuk berpikir kritis, mengevaluasi, dan memilih calon pemimpin yang memiliki karakter sesuai dengan nilai-nilai Pancasila.
  • Pendidikan tentang pemimpin ideal: Sekolah membekali para santri dengan pengetahuan tentang bagaimana memilih pemimpin yang ideal. Termasuk pemahaman tentang sifat-sifat pemimpin yang baik berdasarkan Islam.

Pemilihan ketua MPK di MTs dan MA Al Irsyad Al Islamiyyah Bondowoso merupakan contoh nyata penerapan demokrasi dan pendidikan kepemimpinan di kalangan santri.

Check Also

Raih Penghargaan Adiwiyata, SD Al Irsyad 01 Dan 02 Purwokerto Tegaskan Komitmen Peduli Lingkungan

SD 01 dan SD 02 Al Irsyad Al Islamiyyah Purwokerto menerima penghargaan Sekolah Adiwiyata Kabupaten Banyumas dalam sebuah acara penyerahan yang dipimpin langsung oleh Penjabat (Pj) Bupati Banyumas, Hanung Cahyo Saputro, S.STP. M.Si., pada Kamis pagi (21/3).

Tinggalkan Balasan