Akhiri Semester, SMP-SMK Al Irsyad Jakut ajak siswa Rihlah Tadabur Alam di Cibuluh hingga Gunung Ciung Bogor

Bogor – Pada tanggal 11-14 Desember 2023, siswa-siswi SMP dan SMK Al Irsyad Al Islamiyyah Jakarta Utara mengikuti kegiatan Rihlah Tadabur Alam di Cibuluh Land Camp and Adventure. Kegiatan ini merupakan bagian dari program rutin sekolah yang dikelola oleh Yayasan Wanita Al Irsyad Al Islamiyyah Jakarta (YWAAJ).

Dengan tema “Bersama Menjadi Disiplin, Mandiri, dan Berakhlakul Karimah,” para peserta mengikuti serangkaian kegiatan, termasuk berkemah, outbound, dan penjelajahan menyusuri bentang alam Cibuluh menuju gunung Ciung melalui pedesaan dan alam terbuka khas Sentul.

Lokasi kegiatan yang dipilih bukan tanpa alasan. Cibuluh Land Camp and Adventure di Bogor, Jawa Barat, memberikan pengalaman mendalam dalam menyatu dengan alam sambil menjalin ukhuwah Islamiyyah.

“Tadabur Alam bukan hanya tentang menjelajahi alam, tetapi juga tentang merasakan kebesaran ciptaan Allah SWT dan meningkatkan nilai-nilai keislaman dalam diri peserta,” kata Lia Kusmiyati, Sekretaris YWAAJ.

Dalam pembukaan kegiatan, Ustazah Lia menjelaskan bahwa tujuan dari Rihlah Tadabur Alam ini adalah mempererat ukhuwah Islamiyyah di antara siswa-siswi, meningkatkan kesadaran akan keindahan alam sebagai ciptaan Allah SWT, serta mengembangkan kedisiplinan, kemandirian, kepemimpinan, dan keterampilan pada jiwa anak.

YWAAJ turut berperan dalam membentuk generasi muda yang berkualitas melalui pengelolaan sekolah-sekolah dengan agama sebagai materi unggulannya. Dengan melibatkan siswa-siswi dalam kegiatan seperti Rihlah Tadabur Alam, diharapkan dapat tercipta generasi yang tidak hanya cerdas secara akademis, tetapi juga memiliki nilai-nilai keislaman dan keterampilan sosial yang baik.

“Acara tahunan ini dirancang dengan harapan besar, yaitu untuk membentuk jiwa kepemimpinan yang kuat dan mandiri pada peserta didik. Mereka diharapkan dapat menghadapi berbagai persoalan dan tantangan, baik yang bersifat fisik maupun non-fisik, serta memiliki kemandirian dalam berpikir yang berlandaskan Al Quran dan hadits,” jelasnya.

Kegiatan ini menjadi bukti konkret dari komitmen YWAJ dalam mendukung perkembangan positif generasi muda, mempersiapkan mereka menjadi individu yang berdisiplin, mandiri, dan berakhlakul karimah.

Check Also

Kultum Ramadhan

SMP Al Irsyad Banyuwangi Asah Kemampuan Public Speaking Siswa melalui Kultum Ramadan

Bulan Ramadan menjadi momen istimewa bagi SMP Al Irsyad Al Islamiyyah Banyuwangi dalam mengasah kemampuan public speaking siswa. Salah satu upayanya adalah melalui kegiatan Kultum Ramadan setelah shalat Dzuhur berjamaah.

Tinggalkan Balasan