Bangun Kapasitas Guru, Al Irsyad Undang Ustaz Sholeh Drehem, Lc.

Purwokerto – Selasa dan Rabu (4-5/7) ini, LPP Al Irsyad Al Islamiyyah Purwokerto mengumpulkan para guru SD dan SMP untuk mengikuti pelatihan Menjadi Guru Berkarakter Murabbi dan Teacher Capacity for the Future School bersama Ustaz Sholeh Drehem, Lc. dan Dr. Shobikhul Qisom, M.Pd. Tentu bukan pembicara biasa, karena keduanya merupakan Dewan Pembina dan Ketua Sekolah Tinggi Ilmu Dakwah dan Komunikasi Islam (STIDKI) Ar Rahmah Surabaya.

Para guru yang mengikuti pelatihan ini jumlahnya mencapai 162 orang. Mereka merupakan guru kelas, guru PAI, guru Al Quran, guru dan BK di SD dan SMP Al Irsyad Al Islamiyyah Purwokerto.

“Pelatihan bertajuk Guru Berkarakter & Teacher Capacity for The Future School ini melatih guru agar mampu memperdalam materi dan meningkatkan empat Kompetensi Guru, yaitu Kompetensi Pedagogik, Profesional, Sosial, dan Kepribadian,” terang Ustazah Febriyanti, M.Pd. Kepala Bidang Pelatihan SDM LPP Al Irsyad Al Islamiyyah Purwokerto.

“Seorang pendidik harus menjadi manusia pembelajar, yakni harus menerima, beradaptasi, dan mengikuti perubahan zaman,” lanjutnya.

“Guru tentunya diharapkan mampu mengetahui kompetensi yang dibutuhkan siswa untuk menghadapi era Industri 4.0 diantaranya adalah kemampuan memecahkan masalah, beradaptasi, kolaborasi, kepemimpinan, dan kreatifitas serta inovasi. Pendidikan nantinya akan kembali pada hal-hal kemanusiaan mendasar seperti melatih soal rasa, berpikir kreatifitas, sikap kritis, kolaborasi, mengetahui benar salah dan tidak kalah penting adalah karakter yang baik,” harapnya.

Check Also

Kultum Ramadhan

SMP Al Irsyad Banyuwangi Asah Kemampuan Public Speaking Siswa melalui Kultum Ramadan

Bulan Ramadan menjadi momen istimewa bagi SMP Al Irsyad Al Islamiyyah Banyuwangi dalam mengasah kemampuan public speaking siswa. Salah satu upayanya adalah melalui kegiatan Kultum Ramadan setelah shalat Dzuhur berjamaah.