Syaikh Dari Mesir Berikan Syahadah Sanad Kepada 37 Guru Al Irsyad Purwokerto

Purwokerto, 13 Agustus 2023 – LPP Al Irsyad Al Islamiyyah Purwokerto bekerjasama dengan Al-Firdous Center for Education Expatriates menyelenggarakan kegiatan Daurah Tadribiyah lil Mu’allimil Qur’an yang difokuskan pada penguasaan tajwid dan tilawah Al-Qur’an. Kegiatan ini berlangsung dari hari Jumat sampai dengan Ahad, 11-13 Agustus 2023, bertempat di Aula SMP Al Irsyad Al Islamiyyah Purwokerto.

Hadir dalam kegiatan ini, Sheikh Ahmed Essam Al-Tamadi Al Qari, seorang Qari terkemuka dari Universitas Al Azhar, Kairo, Mesir. Lalu peserta kegiatan ini yakni para guru Al Qur’an di SD, SMP, dan SMA Al Irsyad Al Islamiyyah Purwokerto. Tidak kurang jumlahnya mencapai 37 orang, yakni 19 ustaz dan 18 ustazah.

Para guru ini mendapatkan pelatihan dan peningkatan dalam membaca serta menghafal Surat Al-Fatihah dan Juz ‘Amma, dengan mengacu pada standar pelafalan yang diajarkan oleh Rasulullah SAW sebagaimana para Qurra’ memperolehnya dengan jalur sanad yang sahih.

Tujuan utama kegiatan ini adalah untuk meningkatkan keterampilan dalam membaca Al-Qur’an dan memahami aspek-aspek tajwid, serta teknik dalam mengajarkannya kepada murid.

Sheikh Ahmed Essam Al-Tamadi Al Qari memiliki pengalaman dalam berinteraksi dengan para Qurra’ dan ulama besar di Mesir, seperti Fadhilatus Sheikh Al Muhaqqiq Abdul Razzaq Musa, Fadhilatus Sheikh Dr. Muhammad Mustafa Alwa, Fadhilatus Sheikh Professor Ahmed Asim Al-Nabawi, dan Fadhilatus Sheikh Ali Tawfiq Al-Nahhas.

Beliau telah memberikan wawasan yang berharga kepada para peserta mengenai thariqoh talaqqi dan pengajaran Al Qur’an.
Selama kegiatan, para peserta diberikan kesempatan untuk memperdengarkan bacaan Surat Al-Fatihah dan Juz ‘Amma. Para guru yang berhasil lulus tes tahsin juga diberikan syahadah dan izin untuk mengajarkan Al-Qur’an kepada saudara, keluarga, dan kerabat mereka.

Sheikh juga menganjurkan para peserta untuk meningkatkan ketakwaan kepada Allah, mengembangkan minat dalam mencari ilmu-ilmu Al-Qur’an, menghafal Al-Qur’an, dan beberapa matan seperti Tuhfatul Athfal dan Matan Muqaddimah Al Jazariyah. Semua upaya ini sejalan dengan pesan Nabi Saw yang menyatakan, “Sebaik-baik di antara kalian adalah yang mempelajari Al-Qur’an dan mengajarkannya.”

Kerjasama antara Al-Firdous Center for Education Expatriates dan LPP Al Irsyad Al Islamiyyah Purwokerto dalam kegiatan Daurah Tadribiyah ini diharapkan memberikan manfaat yang besar bagi para peserta dalam meningkatkan pemahaman, kualitas pembacaan dan kemampuan menghafal Al-Qur’an.

Dr. Darsitun, M.Pd. I selaku Bidang Pengembangan SDM PAI dan Al Qur’an LPP Al Irsyad Al Islamiyyah Purwokerto, mengungkapkan harapannya bahwa melalui daurah ini setidaknya ada upaya peningkatan kemampuan Guru Al Qur’an yang akan berdampak positif pada kegiatan pembelajaran Al Qur’an di sekolah. Dengan demikian, capaian kemampuan siswa dalam membaca Al-Qur’an juga akan meningkat sejalan dengan peningkatan kualitas skill para guru Al-Qur’an.

Check Also

Tingkatkan Layanan: SMA IT Al Irsyad Purwokerto Ajak Seluruh Guru Berlatih Membangun Kesejahteraan Psikologis Siswa

SMA IT Al Irsyad Al Islamiyyah Purwokerto berkomitmen untuk membangun kesejahteraan psikologis siswanya. Hal ini dibuktikan dengan diadakannya pelatihan bertajuk “Membangun Kesejahteraan Psikologis Siswa” pada hari Sabtu, 24 Februari 2024.