Sambut Ramadhan, PAUD Al Irsyad Al Islamiyyah Bondowoso Gelar Pawai Berbagi

Bondowoso. Menyambut Bulan Suci Ramadhan, PAUD Terpadu Al Irsyad Al Islamiyyah Bondowoso menggelar “Pawai Berbagi” di Alun-alun Bondowoso. Selasa pagi, 21 Maret 2023.

Pagi itu alun-alun Bondowoso menjadi ramai oleh keceriaan ratusan anak-anak PAUD Al Irsyad Al Islamiyyah Bondowoso. Mereka dengan suara kecilnya menyanyikan lagu-lagu ramadhan, sembari sesekali meneriakan yel-yel sederhana tentang kemuliaan bulan Ramadhan. Di antara kemeriahan ini, para guru yang mendampingi mengajak siswa untuk menyerahkan bingkisan hadiah kepada masyarakat yang berada di alun-alun.

“Kegiatan kini bertujuan menumbuhkan rasa peduli sesama dalam jiwa siswa-siswi PAUD Terpadu Al Irsyad Al Islamiyyah Bondowoso,“ terang Ustazah Mutmainnah Radjab Kepala Sekolah.

“Peduli sesama merupakan salah karakter yang perlu ditumbuhkan sejak usia dini. Agar mereka sejak dini telah membiasakan diri menolong sesama, sehingga tertanam nilai-nilai kebaikan lalu tumbuh menjadi sikap simpati dan empati terhadap lingkungan sosialnya,” tambah Ustazah Mutmainnah.

mengawali dengan kegiatan berbagi oleh siswa kepada masyarakat di pusat kota bondowoso. Kemasan kegiatan yang di adakan di pusat kota Bondowoso bertajuk“ Pawai Berbagi”. Terlihat dengan jelas wajah bahagia dari siswa-siswi Paud Terpadu Al Irsyad saat memberikan bingkisan kepada masyarakat yang berada di alun-alun kota Bondowoso.

Hal yang sangat menarik dalam “ Pawai berbagi “ juga nampak terlihat dari atribut yang digunakan oleh seluruh siswa saat pawai, berupa tulisan-tulisan Ramadhan Kareem“ Selain pendidikan social, kegiatan ini untuk menyambut bulan suci Ramadhan, agar siswa itu tahu mulianya dan sepesialnya bulan Ramadhan. Sehingga atribut siswa itu kami buat tulisan-tulisan menarik seperti Ramadhan Kareem. Ini sebagai stimulus kepada siswa kami, bahwa dari 12 bulan yang kita lewati setiap tahun, ada bulan yang sangat istimewa harus kita sambut dengan istimewa yaitu bulan Ramadhan” Tambah Ustadzah Mutmainnah.

Pengenalan Ramadhan sebagai bulan yang istimewa sudah menjadi kegiatan rutin dari lembaga pendidikan tersebut. “ Alhamdulillah kita rutin memberikan pendidikan tentang Ramadhan kepada siswa. Selain pawai berbagi ini nantinya kita buat kegiatan Dauroh Kids dan Ifthar Time biasanya setelah memasuki pertengahan Ramadhan. Ini semata-mata kami lakukan untuk memberikan pendidikan dini kepada siswa kami bahwa berpuasa Ramadhan itu tidak menyiksa diri, dengan menahan makan, nafsu dan sebagainya. Kami perkenalkan bahwa ramadhan itu adalah bulan indah yang penuh keutamaan sebagai muslim. Sehingga puasa sangat keren dan puasa harus ceria” Tutup Ustadzah Mutmainnah.

Kontributor: Mutmainnah
Editor: Qomaruddin

Check Also

Kultum Ramadhan

SMP Al Irsyad Banyuwangi Asah Kemampuan Public Speaking Siswa melalui Kultum Ramadan

Bulan Ramadan menjadi momen istimewa bagi SMP Al Irsyad Al Islamiyyah Banyuwangi dalam mengasah kemampuan public speaking siswa. Salah satu upayanya adalah melalui kegiatan Kultum Ramadan setelah shalat Dzuhur berjamaah.

Tinggalkan Balasan