SMA IT Al Irsyad Purwokerto Gelar Kemah Penerimaan Tamu Ambalan

Purwokerto – SMA IT Al-Irsyad Purwokerto baru saja melaksanakan kegiatan tahunan, Penerimaan Tamu Ambalan (PTA). Tradisi ini dirancang khusus untuk menyambut pramuka penegak yang hendak bergabung menjadi tamu ambalan. Melalui PTA, tamu ambalan resmi bergabung dalam Ambalan Ahmad Surkati dan Cut Nyak Dien, memperkokoh rasa kebersamaan dan solidaritas di antara mereka. Pesertanya melibatkan siswa-siswi kelas X yang baru masuk. Kamis-Sabtu, 10-12 Agustus 2023.

Berpegang teguh pada tradisi, PTA tahun ini pun dijalankan dengan sistem satuan terpisah antara pramuka putra dan putri. Satuan ini dikelola dengan sepenuhnya berdasarkan gender; pramuka putra dibimbing oleh pembina putra dan demikian pula dengan pramuka putri. Untuk tempat pelaksanaannya, PTA Putra berada di bumi perkemahan Kendali Sada, Kabupaten Banyumas, sementara PTA Putri di Kidung Kampungku Outbond, Kecamatan Kedung Banteng, Banyumas.

Tujuan utama PTA adalah membentuk karakter, keterampilan, serta semangat kerjasama di antara pramuka. Melalui serangkaian kegiatan yang diselenggarakan, seperti memasak, mendirikan tenda, dan orientasi alam, peserta diajak untuk meningkatkan kedisiplinan, kerjasama tim, dan kemampuan pemecahan masalah di lapangan. Keseluruhan aktivitas ini juga mendukung pembentukan persaudaraan, komunikasi, dan pereratan silaturahmi di antara peserta.

Kegiatan PTA dimulai dengan pendirian tenda, dilanjutkan dengan upacara pembukaan yang dipimpin oleh Pembina Kak Muhammad Elan Habiby. Selanjutnya dan Kak Ninda Airin, panitia berkolaborasi dengan SPN untuk memberikan materi tentang pencegahan bullying, PBB, dan wawasan kebangsaan. Materi tambahan lainnya meliputi public speaking oleh Kak Rifqi dan Kak Laeli, serta materi tentang Pramuka Penegak oleh Kak Barkah dan Kak Wasiroh. Malam kebersamaan dengan upacara api unggun menjadi puncak acara, yang diadakan oleh Kak Faizul untuk putra dan Kak Desi Widya Pangestika, Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum, untuk putri. Pada tanggal 12, kegiatan diteruskan dengan wide game penjelajahan dan diakhiri dengan upacara penutupan.

Dalam setiap kegiatannya, Pramuka Al-Irsyad selalu mengedepankan ciri khas yang menggabungkan keterampilan pramuka dengan nilai-nilai rohani Islam. Selain fokus pada kedisiplinan, kepemimpinan, dan kerjasama, Pramuka Al-Irsyad juga menanamkan rutinitas shalat tahajud, tadarus Al-Quran, dzikir pagi, dan shalat berjamaah. Ini adalah wujud nyata komitmen Pramuka Al-Irsyad dalam membentuk generasi muda yang tangguh, berakhlak mulia, serta mendalam dalam spiritualitas Islam.

Check Also

Kultum Ramadhan

SMP Al Irsyad Banyuwangi Asah Kemampuan Public Speaking Siswa melalui Kultum Ramadan

Bulan Ramadan menjadi momen istimewa bagi SMP Al Irsyad Al Islamiyyah Banyuwangi dalam mengasah kemampuan public speaking siswa. Salah satu upayanya adalah melalui kegiatan Kultum Ramadan setelah shalat Dzuhur berjamaah.