MPP Siap Luncurkan Sistem Database Siswa dan Guru untuk Skala Nasional

Purwokerto, Senin, 14 Agustus 2023 – Tim Majelis Pendidikan dan Pengajaran (MPP) Pimpinan Pusat Al Irsyad Al Islamiyyah sedang bergerak maju dalam mengembangkan sistem database siswa dan guru yang akan mencakup seluruh wilayah nasional.

Rapat penting ini diadakan di Aula Kantor MPP di Purwokerto, dengan tujuan merampungkan detail teknis sebelum menjalani uji coba bersama operator sekolah pada pekan berikutnya. Ustaz Sadikun, M.Pd., yang merupakan Ketua MPP Pimpinan Pusat Al Irsyad Al Islamiyyah, memimpin langsung rapat tersebut.

Dalam sesi ini, tim MPP juga melibatkan konsultan IT untuk memeriksa kesiapan sistem dan melakukan beberapa perbaikan minor guna memastikan kesempurnaan sistem.

Peluncuran resmi sistem ini direncanakan pada peringatan Milad Al Irsyad Al Islamiyyah pada tanggal 6 September 2023. Sistem ini akan menjadi wadah pengumpulan data pendidikan dari berbagai jenjang pendidikan, mencakup pendidikan formal hingga informal di bawah Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemdikbud) dan Kementerian Agama (Kemenag).

Manfaat besar dari sistem ini adalah memberikan setiap sekolah kemudahan dalam mengelola data dan informasi pendidikan secara efisien dan terpadu. Data yang ada dalam sistem ini akan secara berkala diisi dan diperbarui oleh masing-masing sekolah.

Ustaz Sadikun, M.Pd., Ketua MPP Pimpinan Pusat Al Irsyad Al Islamiyyah, menjelaskan: “Sistem ini bukan hanya sekadar tempat pengumpulan data, melainkan juga akan membantu dalam analisis kebutuhan pengembangan pendidikan di setiap cabang dan sekolah.”

“Data ini akan menjadi dasar bagi pengembangan program-program kolaborasi lintas majelis di pimpinan pusat. Oleh karena itu, penting bagi setiap sekolah untuk memastikan bahwa data yang diinput dalam sistem ini benar dan akurat agar dukungan dari pimpinan pusat dapat diberikan secara tepat,” tambahnya.

Menurutnya, dengan adanya sistem database ini, diharapkan efisiensi dalam pengelolaan data pendidikan dapat meningkat, memberikan dukungan yang lebih tepat bagi perkembangan sekolah, dan memberikan dampak positif bagi pendidikan di seluruh jaringan Al Irsyad Al Islamiyyah di Indonesia.

Check Also

Kultum Ramadhan

SMP Al Irsyad Banyuwangi Asah Kemampuan Public Speaking Siswa melalui Kultum Ramadan

Bulan Ramadan menjadi momen istimewa bagi SMP Al Irsyad Al Islamiyyah Banyuwangi dalam mengasah kemampuan public speaking siswa. Salah satu upayanya adalah melalui kegiatan Kultum Ramadan setelah shalat Dzuhur berjamaah.