Penguatan Kompetensi: Guru dan Karyawan Al Irsyad Purwokerto Ikuti 3 Hari Pelatihan

Purwokerto – Sebagaimana dirilis alirsyadpwt.or.id, Lajnah Pendidikan dan Pengajaran (LPP) Al Irsyad Al Islamiyyah Purwokerto sukses menyelenggarakan serangkaian pelatihan yang berfokus pada penguatan kompetensi SDM. Acara ini berlangsung selama tiga hari, mulai Selasa hingga Kamis, 26-28 Desember 2023.

Pelatihan bertajuk “Pelatihan Penguatan Kompetensi SDM untuk Meningkatkan Profesionalisme Kinerja” mengusung tema “Bergerak Serentak Mewujudkan SDM Berkarakter 3M (Mutqin, Mutaqin, Muhsin).” Ustazah Febriyanti, M.Pd., Kepala Bidang Pelatihan LPP dan ketua panitia, menjelaskan bahwa tujuan dari pelatihan ini adalah memberikan landasan yang kuat bagi manajemen, guru, dan karyawan sekolah.

Berbagai sesi pelatihan telah diselenggarakan dengan pengajar yang ahli di bidangnya, mencakup aspek-aspek penting dalam dunia pendidikan. Di antaranya:

  1. Pelatihan Kepemimpinan Kurikulum: Dihadiri oleh para Kepala sekolah dan wakil kepala sekolah Al Irsyad Al Islamiyyah Purwokerto. Ustaz Sholeh Setiaji, M.Pd., Kepala Biro Kurikulum LPP, membagikan wawasan tentang kepemimpinan dalam merancang kurikulum yang berkualitas.
  2. Pelatihan Penguatan Kompetensi Kepribadian & Sosial: Dipimpin oleh Ustaz Ibnu Rochi Syakiran, Lc., fokus pada pembentukan sikap 3R (Respect, Responsive, Responsible). Peserta adalah seluruh guru PAUD Al Irsyad Al Islamiyyah Purwokerto.
  3. Workshop “Merancang Pembelajaran Kontekstual” untuk SD, SMP, SMA: Melibatkan para ahli seperti Ustazah Nur Aisyah Amini, Ustazah Titi Yuniarti, Ustazah Dyah Retno K, Ustazah Lia Lindawati, Ustaz Edi Yulianto, dan Ustazah Aida Lathifaturohmah. Masing-masing workshop diselenggarakan untuk guru umum pada tingkat yang sesuai.
  4. Workshop “Merancang Pembelajaran Kontekstual PAI”: Dipimpin oleh Ustaz Arif Rahman Hakim, M.A., melibatkan seluruh guru PAI SD, SMP, dan SMAIT.
  5. Workshop “Pembelajaran & Penilaian Al Qur’an”: Dengan Ustaz Ahmad Fajri Amirudin, S.Pd.I., dihadiri oleh seluruh guru Al Qur’an SD, SMP, dan SMAIT.
  6. Workshop “Membangun Lingkungan Inklusif”: Dipimpin oleh Ustaz Totok Yulianto, M.Pd., melibatkan guru BK PAUD, SD, SMP, dan SMAIT.
  7. Pelatihan Pelayanan Prima: Diperuntukkan bagi seluruh Tenaga Kependidikan (TU, Bendahara, Pustakawan & Tenaga Medis) PAUD, SD, SMP, dan SMAIT.
  8. Pelatihan Membangun Profesionalisme Kerja: Diadakan untuk karyawan House Keeping PAUD, SD, SMP, dan SMAIT.
  9. Pelatihan Strategi Penjagaan Unit Sekolah: Untuk petugas keamanan PAUD, SD, SMP, dan SMAIT.
  10. Uji Kompetensi Guru Bahasa Inggris: Dipimpin oleh Ustaz Abdul Ghani, S.Pd., untuk guru Bahasa Inggris di berbagai tingkatan.
  11. Pelatihan Differentiated Approach for English: Juga dipimpin oleh Ustaz Abdul Ghani, S.Pd., fokus pada pendekatan diferensiasi dalam pengajaran Bahasa Inggris.
  12. Pelatihan GSE Assured Teaching: Dipimpin oleh Dian Fransiska Maharani, S.Pd.M.Hum., untuk semua Guru Bahasa Inggris SD, SMP, SMAIT, SMP-SMA Boarding School.

Ustazah Febriyanti berharap, melalui pemahaman teori pendidikan dan penerapan metode dari pelatihan ini, para pendidik dapat menciptakan suasana pembelajaran yang kontekstual, menarik, kreatif, dan berpusat pada murid. Diharapkan juga bahwa penguatan motivasi dan karakter akan menghasilkan Pendidik & Tenaga Kependidikan yang mampu bekerja dengan sikap 3R (Respect, Responsive, dan Responsible). Pelatihan ini diharapkan memberikan dampak positif dalam meningkatkan mutu pendidikan di Al Irsyad Al Islamiyyah Purwokerto.

Check Also

Kultum Ramadhan

SMP Al Irsyad Banyuwangi Asah Kemampuan Public Speaking Siswa melalui Kultum Ramadan

Bulan Ramadan menjadi momen istimewa bagi SMP Al Irsyad Al Islamiyyah Banyuwangi dalam mengasah kemampuan public speaking siswa. Salah satu upayanya adalah melalui kegiatan Kultum Ramadan setelah shalat Dzuhur berjamaah.

Tinggalkan Balasan