Majelis Dakwah Ajak Semua Dai Ingatkan Kemuliaan Muharram

Jakarta – Melaui edaran bernomor 111.A.PP.07.2023 tertanggal 17 Juli 2023, Majelis Dakwah Pimpinan Pusat Al Irsyad Al Islamiyyah mengajak seluruh dai Al Irsyad Al Islamiyyah untuk menyampaikan kemuliaan bulan Muharram kepada masyarakat.

Surat edaran ini ditujukan secara khusus untuk para Ketua Pimpinan Wilayah dan para Ketua Pimpinan Cabang. Isinya berupa instruksi untuk menggalakkan dakwah dengan tema-tema Muharram, baik sebagai tema kajian, taklim, khutbah Jumat, dan sebagainya.

Dijelaskan pula dalam surat edaran, bahwa langkah ini dimaksudkan agar semua lini di lingkungan Al Irsyad Al Islamiyyah memiliki perhatian khusus tentang keutamaan Muharram sebagai salah satu bulan-bulan mulia.

Selain itu, dinilai masih perlu mengingatkan masyarakat tentang berbagai praktek kehidupan yang bertentangan dengan agama, terutama yang barkait dengan praktek khurafat dan takhayul.

Edaran juga menyarankan tema-tema dakwah pilihan Majelis Dakwah, diantaranya:
1. Historisitas tahun hijriah yang dikaitkan dengan semangat hijrah dalam berbagai aspek
2. Muharram sebagai salah satu dari 4 bulan haram yang di dalamnya ada Syariah untuk memuliakannya
3. Kisah nabi-nabi yang dikaitkan dengan bulan Muharram
4. Puasa hari `assyura, Keutamaan dan syari`ahnya

Melalui edaran yang ditandatangani oleh Ustaz Muhammad Sugarbo Ketua Majelis Dakwah ini, tema-tema tersebut hendaknya dapat dikembangkan dan disesuaikan dengan kondisi ummat di daerah masing-masing.

Dengan harapan, dakwah Al Irsyad Al Islamiyyah akan makin memenuhi kebutuhan ummat dan tujuan dakwah itu sendiri.

Check Also

Pelatihan Nasional MPP

Tingkatkan Kualitas Sekolah di Seluruh Indonesia: Al Irsyad Gelar Pelatihan Nasional

Majelis Pendidikan dan Pengajaran (MPP) Pimpinan Pusat (PP) Al Irsyad Al Islamiyyah menggelar Pelatihan Nasional Guru dan Manajemen Sekolah pada 12-15 Juli 2024 di area Al Irsyad Al Islamiyyah Boarding School (AABS) Purwokerto. Kegiatan ini diikuti oleh para guru dan manajemen sekolah dari berbagai sekolah Al Irsyad Al Islamiyyah se Indonesia.