Ajak Ortu Sinergi, Al Irsyad Tulungagung Gelar Seminar Parenting saat Penerimaan Rapor

Tulungagung – Dalam suasana penuh keakraban, Lajnah Pendidikan dan Pengajaran (LPP) Al Irsyad Al Islamiyyah Tulungagung menggelar sebuah seminar parenting yang spesial pada Kamis kemarin (21/12/2023). Kegiatan ini, yang berlangsung di halaman sekolah, menjadi bagian istimewa dari rangkaian penerimaan rapor untuk para siswa.

Acara dibuka dengan penampilan mengagumkan dari anak-anak TK, SD, serta penampilan puisi dan drama dari SMP dan Al Irsyad Al Islamiyyah Boarding School (AABS) Tulungagung. Sentuhan kreatifitas mereka berhasil membuat para orang tua terkesima, merasakan kegembiraan, dan memberikan apresiasi tinggi terhadap kegiatan yang telah diadakan.

Acara inti dimulai dengan sambutan Ustad Thoriq AlKhalifi, S.H. Sekretaris Pimpinan Cabang (PC) Al Irsyad Al Islamiyyah Tulungagung. Beliau menyampaikan pentingnya peran orang tua dalam membentuk karakter anak agar dapat berkelakuan baik dan berakhlaqul karimah dalam kehidupan sehari-hari. “Pendidikan akhlak menjadi esensi utama, marilah kita mendengar ceramah dari pakar parenting, Ustad Mohammad Fauzil Adhim, agar manfaatnya dapat diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari,” ungkap Ustad Thoriq dengan tegas.

Ustad Mohammad Fauzil Adhim, sebagai pemateri utama, memberikan pencerahan tentang prinsip pengasuhan anak. Dalam penjelasannya, beliau menekankan pentingnya mendidik anak sesuai dengan tuntutan syariat Islam. “Meskipun kita memberikan perhatian besar kepada anak-anak, tetapi jika pendidikan tidak sesuai dengan ajaran syariat Islam, maka doa dan harapan anak-anak kita akan kurang kokoh,” ujar Ustad Fauzil.

Tanggung Jawab Bersama

Selanjutnya, Ustad Prastiyo, M.Si. Ketua Harian LPP Al Irsyad Al Islamiyyah Tulungagung, menjelaskan tujuan dari kegiatan parenting ini. Ia berharap agar sinergi antara orangtua dan sekolah semakin baik, sehingga perkembangan psikis dan emosional siswa dapat optimal sesuai tuntunan agama Islam. “Guru dan orang tua memiliki tanggung jawab bersama dalam membimbing anak-anak agar menjadi generasi yang tangguh dan berakhlak mulia,” tutur Ustad Prastiyo dengan penuh semangat.

Seminar parenting ini tidak hanya menjadi wadah edukasi bagi orang tua, tetapi juga memperkuat kolaborasi yang harmonis antara sekolah dan keluarga dalam membentuk karakter anak-anak. Sinergi antara Al Irsyad Al Islamiyyah Tulungagung, orangtua, dan siswa terus dijalin untuk menciptakan lingkungan pendidikan yang berdaya guna dan berkualitas.

Check Also

Undang Profesor dari Mesir, 12 Guru Al Irsyad Purwokerto Ikuti Dauroh Bahasa Arab dan Al Quran Bersanad

Dalam rangka meningkatkan kualitas pengajaran bahasa Arab dan Al Quran, 12 guru dari Sekolah Al Irsyad Al Islamiyyah Purwokerto mengikuti Dauroh Bahasa Arab dan Al Quran Bersanad. Dauroh ini diadakan selama 5 hari, dari tanggal 19 hingga 23 Februari 2024, di Wisma Holtikultura Baturraden, Purwokerto.

Tinggalkan Balasan