Tanpa Tes Masuk: Kini Lulusan Al Irsyad Al Islamiyyah Boarding School Purwokerto Dapat Langsung Kuliah Di Al Azhar Mesir

Purwokerto – Kabar menarik, Ijazah SMA/MA Al Irsyad Al Islamiyyah Boarding School (AABS) Purwokerto kini meraih Muadalah (penyetaraan) dari Universitas Al Azhar, Kairo, Mesir. Kini setiap lulusan sekolah unggulan ini dapat keistimewaan diterima di universitas tertua di dunia ini tanpa tes masuk.

Kabar ini secara resmi dimuat dalam surat tertanggal 29 September 2023 yang dikeluarkan oleh Universitas Al Azhar dan ditandatangani oleh Dr. Fathi Abdul Fattah Fahmi, General Direktor Bidang Urusan Administrasi Mahasiswa dan Pelajar Asing di Universitas Al Azhar, Mesir.

Penyetaraan ijazah ini merupakan tindak lanjut dari kunjungan kerja sama yang dilakukan oleh Ustaz Fahmi Abdul Karim Altway, ST. Ketua LPP Al Irsyad Al Islamiyyah Purwokerto, bersama Ustaz Nurhamdan, Lc., Mudir ‘Am Al Irsyad Al Islamiyyah Boarding School Purwokerto beberapa waktu sebelumnya.

Sebagaimana tampak dalam foto, (dari kiri) Ustaz Fahmi Abdul Karim Altway, ST., Dr. Fathi Abdul Fattah Fahmi, dan Ustaz Nurhamdan, Lc.

“Alhamdulillah, Muadalah ini menjadi kabar gembira bagi kami dan para siswa. Para siswa akan semakin termotivasi untuk menyiapkan diri agar segera siap kuliah di Universitas Al Azhar Mesir,” terang Ustaz Fahmi.

“Mendapatkan kesempatan kuliah di kampus ini merupakan hal yang istimewa, apalagi mereka dapat langsung diterima tanpa tes masuk,” tambahnya.

Menurutnya, sampai saat ini tidak kurang ada 38 alumni AABS Purwokerto yang sedang menuntut ilmu di Universitas Al Azhar dengan berbagai program studi, mulai dari jurusan Tafsir, Syariah Islamiyyah, maupun Dirosah Islamiyyah.

“Banyak ulama besar yang lahir dari universitas ini, sehingga kami patut berharap bahwa muadalah ini menjadi pendorong lahirnya para ulama dari generasi muda Al Irsyad Al Islamiyyah,” harap Ustaz Fahmi.

Muadalah juga menjadi pemicu untuk peningkatan kualitas pendidikan di Al Irsyad Al Islamiyyah Boarding School Purwokerto. Sebagaimana disampaikan oleh Ustazah Sarah Abdurrahmah, Lc. Mudir Syu’un Din Islam (SDI) dan Wakil Kepala MA AABS Purwokerto.

“Dengan muadalah ini, kami akan semakin meningkatkan kualitas kurikulum. Terutama bidang agama dan bahasa Arab,” terang Ustazah Sarah yang juga alumnus Universitas Al Azhar Mesir.

Menurutnya, sejak AABS berdiri pada 2017 lalu, Universitas Al Azhar menjadi salah satu kampus impian para siswa untuk meneruskan studi lanjut. Sebagaimana tampak pada antusiasme para siswa dalam mengikuti program overseas ke Mesir untuk memperkuat hafalan Alquran bersama para syaikh Ahli Al Quran di Mesir, dan memperlancar kemampuan bahasa arab langsung bersama warga Mesir.

Masjid Umar Bin Khottob, masjid yang terletak di area asrama putra AABS Purwokerto

Melanjutkan Penjajakan Muadalah Kampus-kampus di Timur Tengah

Rupanya, AABS Purwokerto tak berhenti di Universitas Al Azhar Mesir. Penjajakan kerja sama juga dilakukan ke berbagai kampus lainnya di timur tengah.

“Kewajiban bagi kami untuk membuka jalan agar lulusan AABS Purwokerto dapat melanjutkan kuliah di berbagai kampus luar negeri. Terutama kampus-kampus di Timur Tengah,” terang Ustaz Nurhamdan, Lc.

“Muadalah dari Al Azhar menjadi awal yang sangat baik. InsyaAllah kami akan terus membangun komunikasi untuk mendapatkan muadalah dari kampus-kampus lainnya di Timur Tengah,” lanjutnya.

“Alhamdulillah, tak lupa kami ucapkan terimakasih kepada semua pihak yang telah mensupport kami, terutama kepada Kemenag Kabupaten Banyumas dan Kementerian Agama Republik Indonesia,” tambahnya.

Check Also

Kultum Ramadhan

SMP Al Irsyad Banyuwangi Asah Kemampuan Public Speaking Siswa melalui Kultum Ramadan

Bulan Ramadan menjadi momen istimewa bagi SMP Al Irsyad Al Islamiyyah Banyuwangi dalam mengasah kemampuan public speaking siswa. Salah satu upayanya adalah melalui kegiatan Kultum Ramadan setelah shalat Dzuhur berjamaah.