Ketua MPP Al Irsyad: Mendorong Pendidikan Berkualitas untuk Generasi Muda

Jakarta – Ustaz Sadikun, M.Pd., Ketua Majelis Pendidikan dan Pengajaran (MPP) Pimpinan Pusat Al Irsyad Al Islamiyyah, menegaskan tugas penting sekolah dalam menyiapkan generasi muda yang mampu menghadapi tantangan masa depan. Arahan ini disampaikan dalam webinar pengelolaan sekolah pada Rabu pagi, 4 Oktober 2023, dihadiri oleh kepala sekolah dari seluruh jenjang pendidikan Al Irsyad Al Islamiyyah se-Indonesia.

Dalam sambutannya, Ustaz Sadikun menyoroti perubahan global dan meminta kepala sekolah untuk mencermati tren-tren tersebut sebagai strategi untuk menyusun formula pendidikan yang tepat. “Pendidikan harus bermanfaat untuk siswa tidak hanya pada masa sekarang tetapi juga di masa depan,” katanya.

Ketua MPP menekankan pentingnya menghadapi perubahan pesat seperti kemajuan teknologi, pergeseran sosiokultural, dan krisis lingkungan. “Sekolah memiliki tanggung jawab untuk menyiapkan kompetensi inti, termasuk kemantapan aqidah, pemahaman fiqih yang benar, kemampuan memecahkan masalah, keterampilan IT, dan bahasa internasional,” ungkapnya.

Ustaz Sadikun juga mendorong kepala sekolah untuk menggalakkan pendekatan pembelajaran inovatif, seperti pembelajaran berbasis proyek, interdisipliner, dan campuran. “Fokuslah pada pengembangan kompetensi anak, peningkatan keterampilan hidup, dan penguatan akhlak siswa,” ajaknya.

Webinar ini merupakan bagian dari program pembinaan sekolah yang diadakan oleh Pimpinan Pusat melalui Majelis Pendidikan dan Pengajaran. Ustaz Dr. Faisol Nasar Bin Madi, MA., Ketua Umum Pimpinan Al Irsyad Al Islamiyyah, juga turut hadir sebagai pembicara utama, memberikan wawasan tambahan mengenai arah pendidikan yang diinginkan oleh organisasi tersebut.

Check Also

Tingkatkan Layanan: SMA IT Al Irsyad Purwokerto Ajak Seluruh Guru Berlatih Membangun Kesejahteraan Psikologis Siswa

SMA IT Al Irsyad Al Islamiyyah Purwokerto berkomitmen untuk membangun kesejahteraan psikologis siswanya. Hal ini dibuktikan dengan diadakannya pelatihan bertajuk “Membangun Kesejahteraan Psikologis Siswa” pada hari Sabtu, 24 Februari 2024.