Ketum PP Al Irsyad: Menyongsong Pendidikan Unggul dengan Kolaborasi dan Kualitas

Jakarta – Ustaz Dr. Faisol Nasar Bin Madi, M.A., Ketua Umum Pimpinan Pusat Al Irsyad Al Islamiyyah, mengajak para kepala sekolah Al Irsyad Al Islamiyyah untuk menjalankan visi pendidikan yang diwarisi dari pendiri organisasi, Syaikh Surkati Al Anshory. Pernyataan ini disampaikan dalam sebuah webinar pendidikan yang dihadiri oleh para kepala sekolah dari tingkat Kelompok Bermain hingga SMA di seluruh Indonesia pada Rabu, 4 Oktober 2023.

Webinar, yang merupakan bagian dari program pembinaan sekolah Al Irsyad Al Islamiyyah, membahas pentingnya kolaborasi yang solid antara Pimpinan Cabang (PC), Lajnah Pendidikan dan Pengajaran (LPP), kepala sekolah, guru, dan wali murid.

“Sekolah yang unggul adalah hasil dari kerjasama yang baik. Komunikasi yang lancar dari PC ke LPP, dari LPP ke kepala sekolah, dan seterusnya, sangat penting untuk mencapai keunggulan pendidikan,” ujar Ustaz Faisol.

Beliau juga menyoroti urgensi pemahaman kondisi setiap siswa. Tes untuk murid baru, menurutnya, harus lebih difokuskan pada pemahaman kondisi anak daripada sekadar evaluasi akademik. Hal ini bertujuan agar sekolah memiliki data yang cukup untuk memberikan layanan pendidikan yang sesuai.

“Perlu dipertimbangkan untuk menciptakan lingkungan belajar yang nyaman. Kualitas sarana, prasarana, dan hubungan yang baik antar guru, siswa, dan orang tua adalah kunci untuk menciptakan iklim belajar yang kondusif,” tambahnya.

Ustaz Faisol juga memberikan perhatian khusus pada perencanaan pembelajaran yang jelas. Kepala sekolah diminta memastikan para guru memiliki perencanaan pembelajaran untuk satu semester dan satu tahun yang harus disampaikan kepada wali murid pada awal tahun.

“Penting bagi kepala sekolah untuk memonitor dan mengevaluasi proses belajar mengajar, mencapai keberhasilan bersama. Ini melibatkan hak dan kewajiban murid serta guru,” ungkapnya.

Dalam konteks visi dan misi Al Irsyad, Ustaz Faisol menekankan pemahaman yang baik dari tingkat PC hingga wali murid. “Visi dan Misi Al Irsyad merupakan fondasi organisasi ini. Kepala sekolah harus siap untuk maju, menggabungkan kebaikan yang ada, dan berani mengadopsi inovasi sesuai dengan prinsip modernisasi,” tegasnya.

Misi Al Irsyad, terutama yang terkandung dalam mabadi Al Irsyad seperti Aqidah, Ibadah, dan Akhlakul Karimah, harus terintegrasi dalam setiap program pendidikan. “Keunggulan sekolah harus mencerminkan nilai-nilai mabadi, memastikan lulusan memiliki aqidah yang benar, mampu beribadah dengan baik, dan menunjukkan akhlak yang mulia dalam kehidupan sehari-hari,” pungkas Ustaz Faisol.

Check Also

Kultum Ramadhan

SMP Al Irsyad Banyuwangi Asah Kemampuan Public Speaking Siswa melalui Kultum Ramadan

Bulan Ramadan menjadi momen istimewa bagi SMP Al Irsyad Al Islamiyyah Banyuwangi dalam mengasah kemampuan public speaking siswa. Salah satu upayanya adalah melalui kegiatan Kultum Ramadan setelah shalat Dzuhur berjamaah.