Program P5: Siswa SMP AABS Purwokerto Mendalami Demokrasi Dalam Talkshow Dengan Kepala Desa

Purwokerto – Pada Sabtu (26/08), siswa-siswi tingkat VII dan VIII dari SMP Al Irsyad Al Islamiyyah Boarding School (AABS) Purwokerto mendapatkan kesempatan belajar langsung tentang demokrasi dari Kepala Desa (Kades) Karang Tengah dan Kebumen, Baturraden.

Dalam rangkaian kegiatan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5), SMP AABS mengadakan talkshow bersama Kades Karang Tengah, Bapak Barkah Pujianto, dan Kades Kebumen, Bapak Ahmad Sauqi, S.Ag.

Kegiatan ini diadakan di dua lokasi, yakni di Lobby Sekolah SMP Putra untuk siswa laki-laki (Banin) dan di Lobby Sakan Palestine untuk siswa perempuan (Banat).

Talkshow ini dipandu oleh ustaz Titis Wijayanto, S.Pd. dan ustazah Findya Eprita Rimanada, S.Pd. dalam kapasitas sebagai moderator.

Dalam acara talkshow, kedua narasumber berbagi pengalaman dan berdiskusi dengan siswa mengenai demokrasi di tingkat desa.

Para siswa memperoleh pemahaman tentang demokrasi di lingkup desa, termasuk pemahaman tentang Undang-Undang (UU) yang mengatur demokrasi desa, proses pemilihan kepala desa, struktur pemerintahan desa, dan juga sumber pendapatan desa.

Selain itu, narasumber juga memberikan motivasi kepada para siswa untuk berprestasi dalam belajar dan selalu mendapatkan restu dari orang tua dalam setiap aktivitas harian.

“Jangan lupa untuk selalu meminta restu dari ibu, karena restu ibu adalah yang paling utama. Jadikan segala sesuatu sebagai ibadah, termasuk dalam belajar. Bangunlah hubungan yang kuat,” kata Bapak Barkah Pujianto.

Beliau juga berbagi kisah sukacitanya dalam membantu masyarakat sebagai seorang kepala desa.

“Sangat memuaskan bisa membantu warga, mengenal berbagai latar belakang masyarakat, mendukung upaya peningkatan ekonomi masyarakat, dan masih banyak lagi,” ungkapnya.

“Meski ada tantangan, tetapi dengan sukacita, kita bisa melaluinya. Prinsipnya, jika kita melakukan dengan sukacita, maka segala sesuatu akan terasa lebih ringan dan menyenangkan,” pungkasnya.

Check Also

Kultum Ramadhan

SMP Al Irsyad Banyuwangi Asah Kemampuan Public Speaking Siswa melalui Kultum Ramadan

Bulan Ramadan menjadi momen istimewa bagi SMP Al Irsyad Al Islamiyyah Banyuwangi dalam mengasah kemampuan public speaking siswa. Salah satu upayanya adalah melalui kegiatan Kultum Ramadan setelah shalat Dzuhur berjamaah.