Beda! Peserta Supercamp AABS Belajar Fikih Menyembelih Hewan Hingga Menjinakkan Ular

Purwokerto-Supercamp Al Irsyad Al Islamiyyah Boarding School (AABS) Purwokerto 2023 ternyata seru. Kegiatan perkemahan pramuka yang digelar di pinggiran Kali Banjaran ini mengajak siswa belajar sekaligus praktik menyembelih ayam sesuai syariah dan edukasi hewan reptil, lebih khusus cara menjinakkan ular. Rabu lalu (24/05).

Kegiatan yang dikelola dengan prinsip satuan terpisah ini digelar pada 24-26 Mei 2023 di area perkemahan AABS Purwokerto. Peserta kegiatan Supercamp AABS 2023 merupakan penggalang dan penegak dari sekolah unggulan berasrama ini.

Pengetahuan ini langsung diberikan pada hari pertama selepas upacara pembukaan. Tampak hadir melatih peserta, Kak Anas Busyroni, Lc., dari Tim Syu’un Din Islam (SDI) AABS Purwokerto. Kak Anas bahkan membawa ayam dan menyiapkan pisau untuk praktik peserta.

“Tata cara penyembelihan hewan telah diatur dalam Islam. Agama Islam mengajarkan ini agar daging hasil sembelihan menjadi sehat, bergizi, dan berkualitas, serta hewan juga tidak tersiksa karenanya”, tutur Kak Anas.

Lebih lanjut, Kak Anas mengatakan, makanan yang awalnya halal bisa menjadi haram jika cara penyembelihannya tidak sesuai syari’at Islam, sehingga penting untuk mengetahui fikih menyembelih hewan.

Sejumlah peserta Supercamp pramuka penegak diajak langsung praktik menyembelih ayam sekaligus membersihkan bulu-bulunya. Seluruh peserta antusias mengikuti materi ini, bahkan sempat terjadi momen mengejar ayam yang lepas dari kurungan ayam.

Selepas praktik fiqih penyembelihan, para peserta semakin antusias saat Komunitas Reptil Banyumas datang lengkap dengan ular ukuran lebih dari 3 meter. Meskipun awalnya tampak takut, para peserta mulai mencoba untuk memegang ular yang sudah dijinakkan oleh tim dari Komunitas Reptil Banyumas.

Kontributor: Eko Raindyanto
Editor: Qomaruddin

Check Also

Kultum Ramadhan

SMP Al Irsyad Banyuwangi Asah Kemampuan Public Speaking Siswa melalui Kultum Ramadan

Bulan Ramadan menjadi momen istimewa bagi SMP Al Irsyad Al Islamiyyah Banyuwangi dalam mengasah kemampuan public speaking siswa. Salah satu upayanya adalah melalui kegiatan Kultum Ramadan setelah shalat Dzuhur berjamaah.