Nasihat Api Unggun: Jadilah Layaknya Pramuka

Purwokerto-Kak Umi Palupi, Kamabigus Pangkalan SMP Al Irsyad Al Islamiyyah Boarding School (AABS) Purwokerto hadir memberi sambutan saat penyalaan api unggun Supercam AABS 2023 kemarin (24/05). Kehadiran Kak Umi Palupi menambah semangat para peserta yang terdiri dari penggalang dan penegak AABS Purwokerto.

Sebagaimana diberitakan di aabs.sch.id, kegiatan Supercamp 2023 AABS ini merupakan gelaran kemah perdana yang digelar di area perkemahan yang baru dirilis pekan lalu. Lokasi yang masih berada di area AABS Purwokerto ini memiliki fasilitas outbound yang masih alami. Diantaranya area perkemahan, setapak di hutan dan perkebunan, hingga sungai yang airnya segar dan masih sangat alami.

Sesi api unggun menjadi salah satu kegiatan yang dinanti para peserta kemah, tak hanya karena apinya menghangatkan udara malam di kaki Gunung Slamet ini, namun juga karena kegiatan ini membangun kembali hubungan antar sesama pramuka.

Dalam amanahnya, Kak Umi Palupi mengingatkan seluruh peserta untuk bersikap layaknya seorang pramuka sejati. “Sikap kita (pramuka) diuji mulai sekarang, kita lihat besok setelah kegiatan Supercamp ini berakhir. Apakah alam ini semakin terjaga atau justru kita membuat alam ini rusak,” tegas Kak Umi.

Uacara penyalaan api unggun mulai berlangsung hidmat sekitar pukul 20.45 WIB. Tampak 10 peserta pilihan beserta kak Umi Palupi menyalakan api bersama-sama, disusul tepuk pramuka dari seluruh peserta lalu dilanjutkan dengan menyaksikan penampilan seni dari setiap regu dan sangga. Beragam pentas seni ditampilkan, mulai dari menyanyi, menari, stand up comedy, hingga mendongeng.

Sorak gembira terdengar bergemuruh selama kegiatan api unggun. Begitu juga gemerlap bintang-bintang dan cerahnya langit malam turut menambah kehangatan sepanjang acara.

10 dewan pramuka penggalang sedang menyalakan api unggun

Kegiatan kemah pramuka penggalang dan penegak ini berlangsung selama 3 hari, yakni mulai 24 hingga 26 Mei 2023, dengan prinsip satuan terpisah. Peserta putra memngikuti kegiatan pada Rabu-Kamis, 24-25 Mei 2023. Sementara peserta putri mengikuti kegiatan pada Kamis-Jumat, 25-26 Mei 2023.

Kontributor: Eko Raindyanto dan Tim Humas AABS PWT
Editor: Qomaruddin

Check Also

Pelatihan Nasional MPP

Tingkatkan Kualitas Sekolah di Seluruh Indonesia: Al Irsyad Gelar Pelatihan Nasional

Majelis Pendidikan dan Pengajaran (MPP) Pimpinan Pusat (PP) Al Irsyad Al Islamiyyah menggelar Pelatihan Nasional Guru dan Manajemen Sekolah pada 12-15 Juli 2024 di area Al Irsyad Al Islamiyyah Boarding School (AABS) Purwokerto. Kegiatan ini diikuti oleh para guru dan manajemen sekolah dari berbagai sekolah Al Irsyad Al Islamiyyah se Indonesia.