Raih Penghargaan Adiwiyata, SD Al Irsyad 01 Dan 02 Purwokerto Tegaskan Komitmen Peduli Lingkungan

Purwokerto – SD 01 dan SD 02 Al Irsyad Al Islamiyyah Purwokerto menerima penghargaan Sekolah Adiwiyata Kabupaten Banyumas dalam sebuah acara penyerahan yang dipimpin langsung oleh Penjabat (Pj) Bupati Banyumas, Hanung Cahyo Saputro, S.STP. M.Si., pada Kamis pagi (21/3).

Penghargaan ini merupakan hasil kerja keras dan komitmen kedua sekolah dalam mewujudkan lingkungan sekolah yang ramah dan asri. Sebelumnya, Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Banyumas melakukan verifikasi dan penilaian terhadap usulan Calon Sekolah Adiwiyata Kabupaten Banyumas tahun 2023.

“Alhamdulillah, penghargaan ini memotivasi kami untuk semakin memastikan lingkungan sekolah yang ramah lingkungan dan nyaman untuk kegiatan belajar mengajar,” terang Ustaz Basuki Dwi Sulistyo, S.Pd., Kepala SD Al Irsyad Al Islamiyyah 02 Purwokerto, seusai menerima penghargaan.

Upaya SD Al Irsyad 01 dan 02 dalam menciptakan lingkungan Adiwiyata meliputi:

  • Penghijauan sekolah: Penanaman berbagai jenis tanaman di area sekolah, termasuk mengajak siswa untuk menanam dan merawat tanaman obat keluarga.
  • Pengelolaan sampah: Penerapan sistem 3R (Reduce, Reuse, Recycle).
  • Penghematan energi: Penggunaan lampu hemat energi dan pengaturan penggunaan air yang bijak.
  • Pembelajaran tentang lingkungan hidup: Integrasi materi lingkungan hidup dalam kurikulum dan kegiatan ekstrakurikuler.

Sekolah Adiwiyata Mewujudkan Swasembada Pangan

Dalam sambutannya, Pj. Bupati Hanung Cahyo Saputro menyampaikan harapannya agar program Adiwiyata ini dapat mendorong sekolah-sekolah menjadi lebih produktif, terutama dalam mewujudkan swasembada pangan.

Hal ini sejalan dengan salah satu kegiatan dalam program Adiwiyata, yaitu penanaman dan pemeliharaan pohon atau tanaman. Pj. Bupati Hanung pun mendorong agar sekolah-sekolah memanfaatkan lahan yang ada untuk menanam tanaman yang bermanfaat, seperti sayur-sayuran dan buah-buahan.

Pentingnya Pendidikan Lingkungan Hidup

Senada dengan Pj. Bupati Hanung, Widodo Sugiri, ST., Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kab. Banyumas, dalam laporannya menyampaikan pentingnya program Adiwiyata ini guna menumbuhkan serta mengedukasi para generasi muda agar memiliki budaya dan berwawasan lingkungan serta selalu berperilaku ramah lingkungan.

Penghargaan Adiwiyata ini menjadi bukti nyata komitmen SD Al Irsyad 01 dan 02 Purwokerto dalam menumbuhkan kesadaran dan kepedulian terhadap lingkungan hidup sejak dini. Diharapkan, program Adiwiyata ini dapat terus berkembang dan diterapkan di seluruh sekolah di Kabupaten Banyumas agar tercipta lingkungan yang bersih, sehat, dan asri.

Check Also

Kultum Ramadhan

SMP Al Irsyad Banyuwangi Asah Kemampuan Public Speaking Siswa melalui Kultum Ramadan

Bulan Ramadan menjadi momen istimewa bagi SMP Al Irsyad Al Islamiyyah Banyuwangi dalam mengasah kemampuan public speaking siswa. Salah satu upayanya adalah melalui kegiatan Kultum Ramadan setelah shalat Dzuhur berjamaah.

Tinggalkan Balasan