Ma’had Al Irsyad Bondowoso Ajak Wali Santri Berkolaborasi Membentuk Generasi Islam yang Mandiri dan Profesional

Bondowoso – Mahad Al Irsyad Al Islamiyyah Bondowoso berhasil menciptakan momentum penting dalam pembentukan karakter santri dengan menggelar kegiatan Parenting yang melibatkan secara aktif wali santri. Kegiatan ini diadakan saat wali santri menjemput putra-putrinya menjelang libur akhir semester ganjil. Ahad, 24 Desember 2023.

Dalam suasana penuh antusias, wali santri terlibat langsung dalam kegiatan yang diisi dengan diskusi seputar parenting dan proses pembinaan karakter serta kemandirian santri di Mahad Al Irsyad. Para wali santri hadir dengan semangat bertanya, mengeksplorasi, dan memahami peran penting orang tua dalam mendukung perkembangan anak-anaknya di pondok pesantren.

Kegiatan parenting ini turut diisi oleh trainer dari Griya Parenting Indonesia, yang memberikan tambahan ilmu dan wawasan kepada para wali santri. Salah seorang wali santri asal Ternate menyampaikan, “Acara ini membuat kami semakin memahami peran kami sebagai orang tua yang memberikan dukungan sangat penting bagi santri di pondok. Meski mereka menghabiskan waktu 24 jam di pondok, kami dapat memberikan dukungan utama, terutama saat liburan dan dalam komunikasi sehari-hari dengan santri. Kami dapat lebih aktif memonitor dan melihat perkembangan anak-anak kami.”

Tak hanya tentang pengasuhan anak, kegiatan parenting juga menyajikan program goal setting dari Mahad Al Irsyad. Ustadz Hary, yang memimpin sesi tersebut, menjelaskan, “Goal setting ini adalah metode untuk membiasakan dan menanamkan kebiasaan baik pada santri. Di sana, santri diajari untuk membangun komitmen, impian, serta tanggung jawab. Kami percaya bahwa ini adalah metode pendidikan karakter yang relevan untuk menjawab tantangan zaman, khususnya pada generasi Z.”

Dengan kolaborasi antara wali santri dan Mahad Al Irsyad, harapannya akan lahir generasi Islam yang mandiri, profesional, memiliki komitmen, dan bertanggung jawab. Melalui kegiatan ini, pondok pesantren tidak hanya menjadi tempat pendidikan agama, tetapi juga pusat pembentukan karakter yang siap menghadapi kompleksitas kehidupan modern.

Check Also

Tingkatkan Layanan: SMA IT Al Irsyad Purwokerto Ajak Seluruh Guru Berlatih Membangun Kesejahteraan Psikologis Siswa

SMA IT Al Irsyad Al Islamiyyah Purwokerto berkomitmen untuk membangun kesejahteraan psikologis siswanya. Hal ini dibuktikan dengan diadakannya pelatihan bertajuk “Membangun Kesejahteraan Psikologis Siswa” pada hari Sabtu, 24 Februari 2024.

Tinggalkan Balasan