PERJUSA SD Al Irsyad Al Islamiyyah Malang: Membentuk Generasi Berkarakter dan Bertanggung Jawab

Malang – SD Al Irsyad Al Islamiyyah Malang sukses menggelar acara PERJUSA (Perkemahan Jum’at Sabtu) bagi siswa kelas 4 dan 5, yang berlangsung dari Jumat hingga Sabtu (15-16/12) di halaman sekolah.

Kepala Sekolah, Ustazah Putri Haryun Aroeboesman, S.Pd, S.Pd., menjelaskan bahwa tujuan utama kegiatan ini adalah untuk meningkatkan kepribadian santun, disiplin, berpikir kritis, dan kemampuan berkomunikasi dengan bahasa yang baik dan positif.

Dengan semangat yang menggebu, Ustazah Putri Haryun Aroeboesman menyatakan, “Kegiatan PERJUSA ini bukan semata perkemahan biasa. Tujuannya jauh lebih besar, yaitu membentuk pribadi siswa yang santun, disiplin, mampu berpikir kritis, dan komunikatif dengan bahasa yang baik dan positif. Melalui berbagai kegiatan selama PERJUSA, kami berharap siswa dapat mengembangkan kemandirian, kebersamaan, dan nilai-nilai keislaman yang akan menjadi pondasi kokoh dalam perjalanan kehidupan mereka ke depannya.”

Acara dimulai pada Jumat sore, 15 Desember 2023, dengan apel pembukaan yang dipimpin oleh kepala sekolah sebagai pembina upacara. Setelah Sholat Asar berjamaah, semangat siswa terpancar saat mereka mendirikan kemah dan mengatur perlengkapan kemah serta merapikan tas di dalam tenda.

Setelah makan malam dan Shalat Isya berjamaah, tiap regu tampil dengan penampilan terbaik dalam sesi Student’s Performance di sekitar api unggun. Malam itu diakhiri dengan doa bersama.

Sabtu pagi, 16 Desember 2023, dipenuhi dengan kegiatan yang dimulai sejak sebelum fajar. Sholat hajat, solat tahajud, sholat sunnah fajar sebelum subuh, sholat subuh, zikir pagi, dan senam pagi mengawali hari para peserta PERJUSA.

Usai sarapan pagi, peserta diajak menjelajahi Bumi Perkemahan Bedengan di Kecamatan Dau Kota Malang hingga siang menjelang Dhuhur.

Setelah Dhuhur, acara berlanjut dengan apel penutupan, di mana diumumkan para pemenang lomba dan regu terbaik. Peserta kemudian bersama-sama membongkar tenda dan merapikan perlengkapan mereka.

Pada pukul 14.00 WIB, para peserta PERJUSA siap untuk dijemput oleh para wali murid. Acara ini tidak hanya meningkatkan kemandirian siswa, tetapi juga memupuk semangat kebersamaan dan kekompakan di antara mereka. Semoga kegiatan semacam ini terus diadakan untuk membentuk generasi yang berkarakter dan bertanggung jawab.

Check Also

Kultum Ramadhan

SMP Al Irsyad Banyuwangi Asah Kemampuan Public Speaking Siswa melalui Kultum Ramadan

Bulan Ramadan menjadi momen istimewa bagi SMP Al Irsyad Al Islamiyyah Banyuwangi dalam mengasah kemampuan public speaking siswa. Salah satu upayanya adalah melalui kegiatan Kultum Ramadan setelah shalat Dzuhur berjamaah.