Belajar Agroteknologi, 70 Siswi MTs dan MA Al Irsyad Bondowoso Kunjungi Universitas Jember

Bondowoso – Sebanyak 70 siswi MTs dan MA Al Irsyad mengikuti kegiatan pembelajaran dan praktik mengenai berbagai tanaman yang dibudidayakan di Unit Pengelolaan Agribisnis (UPA) Taman Agroteknologi Universitas Jember. Kegiatan ini meliputi budidaya tanaman hidroponik seperti buah dan sayuran. Serta praktik budidaya tanaman bunga anggrek yang menarik perhatian para siswi.

Tidak lain, kegiatan ini merupakan bagian dalam rangka implementasi Kurikulum Merdeka di MTs dan MA Al Irsyad Al Islamiyyah Bondowoso. Yakni P5-PPRA (Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila – Profil Pelajar Rahmatan Lil’Alamin).

Ustadzah Dwi Okta Ariyanti, guru bidang kesiswaan, menyampaikan bahwa kegiatan praktik seperti ini menjadi salah satu momen favorit para siswi. Menurtnya, tujuan kegiatan ini adalah untuk menambah pengetahuan siswi tentang budidaya tanaman, terutama sayuran dan bunga.

Ustadzah Dwi menjelaskan bahwa pemilihan UPA Taman Agroteknologi Universitas Jember sebagai lokasi kegiatan P5-PPRA sangat tepat karena sesuai dengan kebutuhan siswi dan sejalan dengan visi misi serta jargon lembaga pendidikan tersebut.

“Kami ingin konsisten menyuarakan ‘Inspirator Muslimah, Cerdas dan Kreatif’. Siswi harus berlatih untuk terus mengembangkan diri, dan salah satu caranya adalah dengan melakukan Outdoor Learning seperti ini. Tempat ini juga sangat pas untuk siswi-siswi,” imbuh Ustadzah Dwi.

Selain memberikan pengetahuan dan praktik budidaya tanaman, kegiatan ini juga bertujuan untuk memperkenalkan dunia perkuliahan kepada para siswi. “Selain Outdoor Learning, kami juga ingin memberikan referensi tentang dunia kampus untuk menambah minat studi lanjut para siswi,” tutup Ustadzah Dwi.

Kegiatan P5-PPRA di UPA Taman Agroteknologi Universitas Jember merupakan contoh implementasi Kurikulum Merdeka yang efektif dan menarik bagi para siswi. Kegiatan ini tidak hanya menambah pengetahuan dan keterampilan, tetapi juga menumbuhkan minat belajar dan mempersiapkan para siswi untuk masa depan mereka.

Check Also

Raih Penghargaan Adiwiyata, SD Al Irsyad 01 Dan 02 Purwokerto Tegaskan Komitmen Peduli Lingkungan

SD 01 dan SD 02 Al Irsyad Al Islamiyyah Purwokerto menerima penghargaan Sekolah Adiwiyata Kabupaten Banyumas dalam sebuah acara penyerahan yang dipimpin langsung oleh Penjabat (Pj) Bupati Banyumas, Hanung Cahyo Saputro, S.STP. M.Si., pada Kamis pagi (21/3).

Tinggalkan Balasan