Kids Chef: SD Al Irsyad Purwokerto Ajak Siswa Kelas 1 Panggang Sosis

Purwokerto-Memanggang sosis tampak menyenangkan bagi anak-anak kelas 1 di SD Al Irsyad Al Islamiyyah 01 Purwokerto. Sebagaimana yang terlihat Rabu pagi ini (17/5) para siswa bergembira diajak memasak dalam kegiatan bertajuk “Kids Chef: Aku bisa memasak.”

Tidak kurang ada 155 kelas 1 meramaikan Kids Chef aula lantai 2 sekolah unggulan kabupaten ini. “Kami ajak anak mencoba menyiapkan dan memanggang sosis dan bakso sendiri dengan pendampingan guru. Tentunya anak sangat antusias, dan bergembira,” tutur ustazah Sri Wahyuningrum, M.Pd., wakil kepala sekolah.

“Memanggang dengan sederhana ini cukup membantu sekolah untuk Melatih keterampilan motorik halus siswa, melatih kemandirian anak, melatih kerjasama, dan tentu kemampuan komunikasi interpersonal,” lanjutnya.

Menurutnya, ketrampilan untuk anak SD kelas 1 itu bukan sekadar membaca dan menulis. “Ketika tubuh dan otak anak-anak semakin berkembang maka mereka membutuhkan tantangan yang lebih besar. Mereka cenderung ingin mencoba hal baru, sehingga orang tua dan guru perlu membantu anak mengenal dunia ini dengan aman dan terarah. Diantaranya mengijinkan anak untuk mencoba aktifitas di dapur bersama orang tuanya,” terangnya.

“Memanggang cukup sederhana dan biasa dilakukan oleh keluarga siswa sambil menikmati suasana di halaman rumah atau saat kegiatan keluarga di alam terbuka. Namun, umumnya anak-anak belum pernah mencoba memanggangnya sendiri,” tambahnya sambil menemani anak mencoba menyalakan kompor gas.

“Kami berharap, siswa kelas 1 menjadi lebih percaya diri, tak segan bertanya atau meminta bantuan guru dan orang tua saat mencoba hal-hal baru yang positif, termasuk membangun motivasi dari dalam diri anak untuk senang belajar,” harap Ustazah Sri Wahyuningrum.[]

Kontributor: Tim Penulis Level 1 SD Al Irsyad Al Islamiyyah 01 Purwokerto
Editor: Qomaruddin

Check Also

Undang Profesor dari Mesir, 12 Guru Al Irsyad Purwokerto Ikuti Dauroh Bahasa Arab dan Al Quran Bersanad

Dalam rangka meningkatkan kualitas pengajaran bahasa Arab dan Al Quran, 12 guru dari Sekolah Al Irsyad Al Islamiyyah Purwokerto mengikuti Dauroh Bahasa Arab dan Al Quran Bersanad. Dauroh ini diadakan selama 5 hari, dari tanggal 19 hingga 23 Februari 2024, di Wisma Holtikultura Baturraden, Purwokerto.