Pemanfaatan Teknologi dan Gadget dalam Pelaksanaan PSTS di SMA IABS Cipanas

Cipanas, 22 September 2023 – Pelaksanaan Penilaian Sumatif Tengah Semester (PSTS) di SMA Islamic Al-Irsyad Boarding School (IABS) Cipanas telah sukses dilaksanakan pada periode Senin hingga Jumat, 18 – 22 September 2023. Salah satu sorotan utama dari PSTS tahun ini adalah pemanfaatan teknologi dan gadget dalam proses penilaian.

Wakil Kepala Sekolah Urusan Kurikulum, Andi Hidayat, S.Pd, mengungkapkan bahwa pelaksanaan PSTS tahun ini berlangsung dengan tertib, menunjukkan kelanjutan dan kesuksesan dari tahun-tahun sebelumnya.

“Pelaksanaan PSTS tahun ini berlangsung seperti tahun-tahun sebelumnya, dengan kelancaran yang sama. Meskipun ada beberapa kendala, namun tidak bersifat serius,” ujar Andi Hidayat setelah selesainya pelaksanaan PSTS.

PSTS tahun ini telah mengadopsi pendekatan berbasis digital yang dimulai sejak tahun 2022, yang bertujuan untuk meningkatkan efisiensi dalam pengeluaran sekolah dan memanfaatkan teknologi gadget dalam proses pembelajaran.

“Kami memilih pendekatan ini untuk mengurangi biaya pengadaan kertas dan memanfaatkan perangkat gadget dalam kegiatan pembelajaran,” jelasnya.

Andi Hidayat menyoroti manfaat utama dari penilaian berbasis digital, yaitu memudahkan guru dalam mengoreksi hasil ujian siswa dengan cepat dan efisien.

“Dengan sistem ini, guru dapat langsung mengolah hasil ujian tanpa harus menunggu lama, selain itu, kami juga bisa mengurangi pemakaian kertas yang berdampak positif pada lingkungan,” tambahnya.

Selain itu, Andi Hidayat juga berharap agar penilaian berbasis digital ini terus mengalami peningkatan ke depannya. Hal ini melibatkan aspek-aspek seperti akses internet yang lebih cepat, penyediaan perangkat komputer yang lebih mutakhir bagi siswa yang tidak memiliki smartphone, dan integritas siswa dalam mengerjakan soal ujian.

“Kami berharap akses internet dapat menjadi lebih cepat, pengadaan perangkat komputer yang lebih canggih untuk siswa yang tidak memiliki smartphone, dan tentu saja, kami berharap integritas siswa dalam mengerjakan ujian tetap terjaga,” tutupnya dengan harapan positif untuk masa depan pendidikan di SMA IABS Cipanas.

Kontributor siswa:
Intan Yuli Maelani (X Merdeka)

Check Also

Kultum Ramadhan

SMP Al Irsyad Banyuwangi Asah Kemampuan Public Speaking Siswa melalui Kultum Ramadan

Bulan Ramadan menjadi momen istimewa bagi SMP Al Irsyad Al Islamiyyah Banyuwangi dalam mengasah kemampuan public speaking siswa. Salah satu upayanya adalah melalui kegiatan Kultum Ramadan setelah shalat Dzuhur berjamaah.