Siswa PAUD Al Irsyad Purwokerto Ramai-ramai Kunjungi Peternakan Unsoed

Purwokerto- sebagaimana diberitakan di alirsyadpwt.or.id, 270 anak usia 2 hingga 6 tahun meramaikan suasana di Exfarm Fakultas Peternakan Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) Purwokerto. Kamis, 11 Mei 2023. Mereka merupakan siswa Kelompok Bermain, TK A dan TK B di PAUD Al Irsyad Al Islamiyyah Purwokerto. Exfarm yang biasanya dipenuhi mahasiswa ini berubah menjadi area belajar yang sangat menyenangkan bagi para siswa PAUD.

Kegiatan bertajuk outdoor study ini rupanya bertujuan mengenalkan berbagai hewan ternak kepada para siswa PAUD Al Irsyad Al Islamiyyah Purwokerto.

“Tujuan kegiatan ini adalah mengenalkan hewan-hewan ternak. Sebelumnya para siswa sudah belajar tentang macam-macam hewan ternak di sekolah. Saat ini kami ajak mereka melihat langsung di peternakan, tentunya agar pengetahuan yang mereka dapat akan semakin bermakna,” terang ustazah Husnul Khotimah, Spd.AUD., kepala sekolah.

Tampak anak-anak gembira saat turun dari mobil-mobil angkot yang disewa khusus untuk mengantar anak dari sekolah menuju exfarm. Dengan semangat, anak-anak berbaris dan memulai kegiatan dengan zikir dan murajaah.

“Sengaja kami ajak anak-anak langsung ke exfarm saat jam pelajaran dimulai. Jadi dzikir pagi dan murojaah yang biasanya di halaman sekolah kami pidah ke halaman exfarm,” tambahnya.

Selepas murajaah, para siswa dikenalkan dengan kakak-kakak dari pengelola exfarm yang selanjutnya bersama guru akan memandu siswa berkeliling sambil belajar.

“Hewan ternak di exfarm Unsoed cukup lengkap. Antara lain ada sapi pedaging, sapi perah, kambing pedaging, kambing perah, ayam pedaging, ayam petelur dan ayam hias,” terang Ustazah Husnul.

Suasana tambah asik, saat anak-anak juga diajak mencoba memberi makan sapi dan kambing, serta memanen telur ayam langsung di kandang. “Tambah lagi, kegiatan diakhiri dengan minum susu sapi dan makan siang bersama. Alhamdulillah, mereka gembira sejak berangkat hingga kembali ke sekolah. Semoga pelajaran hari ini diberkahi Allah Swt. sehingga bermanfaat bagi tumbuh kembang para siswa,” doa Ustazah Husnul.

Check Also

Kultum Ramadhan

SMP Al Irsyad Banyuwangi Asah Kemampuan Public Speaking Siswa melalui Kultum Ramadan

Bulan Ramadan menjadi momen istimewa bagi SMP Al Irsyad Al Islamiyyah Banyuwangi dalam mengasah kemampuan public speaking siswa. Salah satu upayanya adalah melalui kegiatan Kultum Ramadan setelah shalat Dzuhur berjamaah.