PP Gelar Haflatul Eid 2023 Nasional

Nasional – Pimpinan Pusat (PP) Al Irsyad Al Islamiyyah sukses menyelenggarakan acara Haflatul Eid secara daring (online) melalui Zoom dengan tema “Hadapi Tahun Penuh Tantangan Dengan Bekal Takwa”. Jumat, 12 Mei 2023.

Acara tersebut dihadiri oleh lebih dari 150 peserta dari berbagai majelis di tingkat pusat, pimpinan wilayah (PW), pimpinan cabang (PC), badan otonom (Banom), sekolah dan keluarga besar Al Irsyad Al Islamiyyah. Acara tersebut dibuka dengan pembacaan ayat suci Al Quran Surat Al-Hasyr ayat 18-24 yang dilantunkan oleh ananda Ghaitsa Haura Muthmainnah dari SMPIT Al Irsyad Al Islamiyyah Karawang. Setelah pembacaan ayat suci Al Quran selesai, acara tersebut dilanjutkan dengan mendengarkan lagu kebangsaan Indonesia Raya dan mars Al Irsyad.

Setelah itu, Ketua Umum PP Al Irsyad Al Islamiyyah Dr. Faisol Bin Madi menyampaikan sambutan acara Haflatul Eid. Pada sambutannya, selain menyampaikan ucapan selamat Hari Raya Idul Fitri, Dr. Faisol menyampaikan bahwa beliau telah melaksanakan amanat Muktamar Al Irsyad ke-41 di Purwokerto untuk membuat susunan pengurus PP Al Irsyad Al Islamiyyah yang baru dan program-program PP Al Irsyad Al Islamiyyah kedepan. Beliau juga menyampaikan bahwa PP Al Irsyad Al Islamiyyah berencana akan melakukan kunjungan ke berbagai pimpinan cabang untuk mensosialisasikan program PP Al Irsyad Al Islamiyyah agar tercipta kesamaan gerak langkah visi dan misi yang dilakukan dari pusat ke daerah guna memajukan Al Irsyad Al Islamiyyah secara kolektif.

Sambutan Haflatul Eid oleh Ketua Umum PP Al Irsyad Al Islamiyyah, Dr. Faisol bin Madi

Acara kemudian dilanjutkan dengan agenda utama yaitu mendengarkan tausyiah yang disampaikan oleh Ust. Ir. Syarief Ba’asyir selaku Ketua Dewan Syuro Al Irsyad Al Islamiyyah. Dalam tausyiahnya, Ust. Ir. Syarief Ba’asyir menyampaikan bahwa ketakwaaan adalah bekal terpenting dalam menghadapi tahun-tahun penuh tantangan di masa depan. Sebagai seorang muslim, kita wajib menjaga ketakwaan kita dalam situasi apapun dan kapanpun karena ketakwaan itulah yang akan memberikan solusi atas segala macam persoalan. Ditengah zaman yang penuh tantangan saat ini, Islam sesungguhnya hadir sebagai sebuah solusi. Kita patut bersyukur bahwa kita lahir sebagai seorang muslim dan tumbuh di lingkungan islami yang mana kita dapat berjalan dalam tuntunan Allah SWT. Selain itu, kita dapat menemukan solusi dari segala macam persoalan dalam kehidupan kita pada Islam.

Penyampaian tausyiah oleh Ketua Dewan Syuro PP Al Irsyad Al Islamiyyah, Ust. Ir. Syarief Ba’asyir

Melanjutkan apa yang disampaikan sebelumnya, Ust. Ir. Syarief Ba’asyir menyampaikan bahwa ketakwaan kita kepada Allah SWT akan mendatangkan berbagai macam ganjaran yang dijanjikan oleh Allah SWT. Pertama, dikaruniakannya rahmat (kasih sayang) Allah SWT kepada orang yang bertakwa. Kita perlu memahami bahwa rahmat Allah lah yang akan memasukan seseorang ke dalam surganya bukan amalannya sebagaimana dijelaskan dalam sebuah hadits sahih yang diriwayatkan oleh Muslim. Kedua, orang yang bertakwa kepada Allah akan dianugerahkan furqaan yaitu kemampuan untuk membedakan antara yang haq dan yang bathil (QS Al Anfal: 29). Diantara bentuk furqaan adalah adanya kecenderungan untuk mendapatkan al haq dan dijauhkannya dari perkara yang haram / kemaksiatan. Ketiga, Allah akan menganugerahkan barokah kepada orang-orang yang bertakwa (QS Al A’raf: 96). Barokah menurut pandangan mayoritas ulama bermakna tambahan kebaikan dari apapun yang kita kerjakan. Keempat, orang yang bertakwa akan mendapatkan jalan keluar dari segala permasalahan, mendapatkan rizki dari jalan yang tidak terduga serta dimudahkan segala urusanya (QS At Thalaq: 2-4). Kelima, orang-orang yang bertakwa akan dijauhkan dari rasa takut dan khawatir dalam menghadapi persoalan apapun dalam hidup (QS Al A’raf:35).

Penyampaian ucapan selamat Hari Raya Idul Fitri oleh perwakilan PW, PC, Banom, dan sekolah Al Irsyad Al Islamiyyah

Sebagai penutup tausyiah, Ust. Ir. Syarief Ba’asyir menyampaikan cara bagaimana bertakwa kepada Allah SWT. Mengutip nasihat Sayyidina Ali RA, bertakwa kepada Allah SWT dilakukan dengan menjalankan 4 hal: takut kepada Allah (Al-Khaufu minal-Jalil), beramal dengan apa yang diwahyukan oleh Allah SWT (Al-‘Amalu bi At-Tanzil), merasa cukup dan ridha dengan pemberian Allah SWT (Ar-Ridha bil-Qalil), dan senantiasa mempersiapkan bekal untuk menghadapi kematian dan kembali menghadap Allah (Al-Isti`dadu li Yaumir-Rahil). Selain itu, beliau juga berpesan kepada semua hadirin bahwa Al Irsyad adalah ladang amal yang disediakan oleh Allah SWT. Kita berada di Al Irsyad bukan untuk mencari kehebatan dunia tapi dalam rangka memaksimalkan upaya kita untuk mengabdi kepada Allah SWT. Kita bisa dapat berjuang melalui apa saja dan dimana saja bahkan bisa melalui organisasi mana saja dengan satu harapan mudah mudahan Allah SWT meridhoi segala upaya kita.

Foto bersama para peserta Haflatul Eid

Setelah tausyiah dari Ust. Ir. Syarief Ba’asyir selesai, acara dilanjutkan dengan penyampaian ucapan selamat Hari Raya Idul Fitri oleh beberapa perwakilan PC, PW, Banom dan sekolah Al Irsyad Al Islamiyyah. Selain menyampaikan ucapan selamat Hari Raya Idul Fitri, para perwakilan tersebut juga menyampaikan program-program kerjanya dan harapan-harapan mereka untuk Al Irsyad Al Islamiyyah. Acara Haflatul Eid yang berjalan penuh keakraban ditutup dengan pembacaan doa oleh Ust. Zufar Bawazir selaku Ketua Bidang Hisab dan Rukyat serta foto bersama untuk seluruh peserta. Bertindak sebagai moderator Haflatul Eid adalah Halim Bakhabazy selaku Ketua Majelis Organisasi dan Kaderisasi PP Al Irsyad Al Islamiyyah.

Check Also

Kultum Ramadhan

SMP Al Irsyad Banyuwangi Asah Kemampuan Public Speaking Siswa melalui Kultum Ramadan

Bulan Ramadan menjadi momen istimewa bagi SMP Al Irsyad Al Islamiyyah Banyuwangi dalam mengasah kemampuan public speaking siswa. Salah satu upayanya adalah melalui kegiatan Kultum Ramadan setelah shalat Dzuhur berjamaah.