Gelar Perkaju, SMP Al Irsyad Purwokerto Tanamkan Berbudi Bawa Laksana

Purwokerto – sebagaimana dirilis di alirsyadpwt.or.id, SMP Al Irsyad Al Islamiyyah Purwokerto menyelenggarakan Perkemahan Kamis Jumat (Perkaju) bertajuk Jambore Pramuka Muslim. Kamis-Jumat, 11-12 Mei 2023 di Sport Center Al Irsyad Al Islamiyyah Purwokerto.

Di area olah raga dan jogging seluas satu hektar ini, terhampar puluhan tenda yang terbagi dalam dua kelompok besar. Tidak kurang ada 275 penggalang putra yang berkemah di lapangan sebelah barat, lalu 278 penggalang putri berkemah di area khusus putri sebelah timur. Meskipun terpisah, kegiatan ini digelar serentak dan dibuka bersama-sama.

Perkaju diisi dengan kegiatan kepramukaan dan keislaman, seperti pelatihan baris berbaris, seminar berjudul Menjadi Pemuda Muslim Berkualitas, Api Unggun, Pentas Seni, Shalat Tahajud, Penjelajahan, dan ditutup dengan shalat Jumat.

“Kegiatan diikuti oleh siswa kelas 7 dan 8. Selain pembukaan, semua kegiatan digelar terpisah putra dan putri di area masing-masing,” terang Kak Andika Indra Nusantara, pembina dan penanggungjawab perkemahan ini.

Menurutnya, perkemahan ini sengaja digelar untuk membentuk dan memperkuat karakter anak didik. “Perkemahan ini bertujuan untuk menyiapkan anggota pramuka yang mempunyai dedikasi tinggi, berbudi luhur, dan memiliki dasar iman yang kuat,” tambahnya.

“Sehingga seluruh kegiatan diwarnai dengan penanaman karakter yang mulia dan penguatan keimanan kepada Allah Swt., Diantaranya menyelenggarakan shalat 5 waktu berjamaah, pembiasaan zikir petang dan pagi, shalat tahajud, dan berdoa di setiap sesi kegiatan,” terangnya.

Selain memperkuat karakter, perkemahan juga membekali anak didik untuk cakap dalam menghadapi permasalahan dalam kehidupan sehari-hari. Sebagaimana disampaikan oleh Ketua Majelis Gugus Depan (Kamabigus) Kak Eko Suwardi dalam pengaraan umum saat pembukaan.

“Penting bagi kalian anak muda untuk memiliki bekal ketrampilan dan kemandirian, agar terbentuk anggota pramuka yang mandiri dan cakap dalam menghadapi segala bentuk permasalahan di sekitarnya dengan tetap berlandaskan iman kepada Allah Swt.,” jelas Kak Eko Suwardi.

Kak Eko berharap, para anak didik dapat mengikuti kegiatan dengan gembira, dan dapat mengambil pelajaran serta manfaat yang banyak dalam kegiatan ini. “Kakak berharap, kalian menjadi anak-anak yang kuat mentalnya dan tidak gentar dalam menghadapi beragam tantangan kehidupan. Jadilah pramuka itu selalu gembira, karena senantiasa berpikir positif dan senang bekerjasama dan suka menolong sesama.”

Kontributor: Andika Indra Nusantara
Editor: Qomaruddin

Check Also

Kultum Ramadhan

SMP Al Irsyad Banyuwangi Asah Kemampuan Public Speaking Siswa melalui Kultum Ramadan

Bulan Ramadan menjadi momen istimewa bagi SMP Al Irsyad Al Islamiyyah Banyuwangi dalam mengasah kemampuan public speaking siswa. Salah satu upayanya adalah melalui kegiatan Kultum Ramadan setelah shalat Dzuhur berjamaah.