Inovasi Pembelajaran Karakter: Tim MPP Gelar Pelatihan Intensif bagi Guru di Bondowoso, Situbondo, dan Besuki

Bondowoso – Tim Majelis Pendidikan dan Pengajaran (MPP) Pimpinan Pusat Al Irsyad Al Islamiyyah pada hari Kamis (8/2) mengisi pelatihan intensif bagi para guru TK, SD, MTs, dan MA dari sekolah-sekolah Al Irsyad Al Islamiyyah di Kabupaten Bondowoso, Situbondo, dan Besuki.

Pelatihan yang mengusung tema “Inovasi Pembelajaran Karakter” ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran karakter di sekolah-sekolah Al Irsyad. Tim MPP yang terdiri dari Ustaz Nandi Mulyadi, M.Pd., Ustaz Suhairi Umar, M.Pd., dan Ustazah Nur Sabiha, S.Ag., berbagi pengetahuan dan praktik terbaik tentang berbagai model pembelajaran karakter yang inovatif dan efektif.

Kegiatan ini bertempat di aula utama SD Al Irsyad Al Islamiyyah Bondowoso dan dibuka secara resmi oleh Ustazah Kholifah Abdul Aziz, M.Pd., Ketua Direktur Pendidikan Al Irsyad Al Islamiyyah Bondowoso. Tampak hadir dalam pembukaan, Ustaz Faisol Gumlas, Wakil Direktur, dan Ustaz Huzeim Miftah, Mudir Kepesantrenan Ma’had Al Irsyad Al Islamiyyah Bondowoso.

“Pelatihan ini merupakan wujud komitmen Al Irsyad dalam mencetak generasi muda yang berkarakter mulia dan berprestasi,” terang Ustazah Kholifah.

“Dengan menerapkan berbagai model pembelajaran karakter yang inovatif dan efektif, diharapkan para guru dapat membantu para siswa untuk mengembangkan karakternya dengan optimal, tambahnya.

Sebanyak 97 guru dari berbagai jenjang pendidikan mengikuti pelatihan ini dengan penuh antusias. Mereka dibagi menjadi 3 kelompok berdasarkan jenjang pendidikannya, yaitu:

  • 24 Guru TK bersama Ustazah Nursabiha
  • 31 Guru SD bersama Ustaz Nandi Mulyadi
  • 42 Guru MTs dan MA bersama Ustaz Suhairi Umar

Materi pelatihan yang disampaikan meliputi:

  • Model pembelajaran partisipatif
  • Pembelajaran berbasis proyek
  • Pembelajaran berbasis masalah
  • Pembelajaran kontektual

Para peserta pelatihan tidak hanya mendapatkan teori, tetapi juga praktik langsung dan berkesempatan untuk berdiskusi dan sharing pengalaman dengan sesama peserta.

Diharapkan dengan pelatihan ini, para guru dapat menerapkan berbagai model pembelajaran karakter yang inovatif dan efektif di kelasnya masing-masing, sehingga dapat mencetak generasi muda yang berkarakter mulia dan berprestasi.

Check Also

Pelatihan Nasional MPP

Tingkatkan Kualitas Sekolah di Seluruh Indonesia: Al Irsyad Gelar Pelatihan Nasional

Majelis Pendidikan dan Pengajaran (MPP) Pimpinan Pusat (PP) Al Irsyad Al Islamiyyah menggelar Pelatihan Nasional Guru dan Manajemen Sekolah pada 12-15 Juli 2024 di area Al Irsyad Al Islamiyyah Boarding School (AABS) Purwokerto. Kegiatan ini diikuti oleh para guru dan manajemen sekolah dari berbagai sekolah Al Irsyad Al Islamiyyah se Indonesia.

Tinggalkan Balasan