Kolaborasi Puskesmas Kademangan dan Ma’had Al Irsyad Bondowoso untuk Optimalisasi Kesehatan Santri Baru

Bondowoso, 22 Juli 2023 – Ma’had Al Irsyad Al Islamiyyah Bondowoso melakukan upaya serius untuk memastikan kondisi kesehatan santri baru berada dalam keadaan baik. Lembaga pendidikan ini memberikan arahan dan pembinaan pola hidup sehat dengan mengadakan penyuluhan dan pemeriksaan kesehatan secara rutin, tidak hanya bagi santri lama tetapi juga programkan untuk santri baru.

Kolaborasi antara Ma’had Al Irsyad Al Islamiyyah Bondowoso dan Puskesmas Kademangan merupakan bentuk tanggung jawab lembaga pendidikan terhadap kesehatan fisik santri. Pada tanggal 22 Juli 2023, Mahad Al Irsyad Al Islamiyyah Bondowoso menyelenggarakan pembinaan dan pelatihan pola hidup bersih dan sehat.

Pembinaan pola hidup sehat langsung dilakukan oleh petugas kesehatan dari Puskesmas Kademangan kepada para santri baru. Kegiatan ini merupakan bagian dari rangkaian acara MTMA (Masa Tahun Masuk Angkatan) yang dilaksanakan sebagai bentuk sosialisasi dan pengecekan kondisi kesehatan lingkungan di mana para santri tinggal. Seluruh santri baru diberikan informasi tentang cara menjalankan pola hidup sehat dan bersih oleh petugas Puskesmas Kademangan, sebagaimana disampaikan oleh Ustad Zaenol Abidin sebagai penanggung jawab acara.

Ustadz Zaenul Abidin menyatakan, “Pengenalan dan pendampingan pola hidup bersih dan sehat ini sangat penting bagi santri baru. Mereka baru saja meninggalkan keluarga dan harus belajar merawat diri secara mandiri. Oleh karena itu, penyuluhan, pelatihan, dan pendampingan sangat diperlukan agar santri dapat menerapkan pola hidup sehat dan bersih dengan baik sesuai dengan pengetahuan yang telah diberikan oleh petugas dari Puskesmas Kademangan.”

Diharapkan melalui kerjasama yang erat antara Ma’had Al Irsyad Al Islamiyyah Bondowoso dan Puskesmas Kademangan, santri baru dapat mengembangkan kemandirian dan menerapkan pola hidup sehat secara berkelanjutan. Upaya ini diharapkan dapat memberikan manfaat positif bagi kesehatan dan kesejahteraan seluruh komunitas pendidikan di Ma’had Al Irsyad Al Islamiyyah Bondowoso.

Check Also

Tingkatkan Layanan: SMA IT Al Irsyad Purwokerto Ajak Seluruh Guru Berlatih Membangun Kesejahteraan Psikologis Siswa

SMA IT Al Irsyad Al Islamiyyah Purwokerto berkomitmen untuk membangun kesejahteraan psikologis siswanya. Hal ini dibuktikan dengan diadakannya pelatihan bertajuk “Membangun Kesejahteraan Psikologis Siswa” pada hari Sabtu, 24 Februari 2024.