Sepatu Tertata Rapi: Ini Pembiasaan Positif Siswa SD Al Irsyad Kota Pasuruan saat Memasuki Masjid

Pasuruan – Siswa-siswa SD Al Irsyad Al Islamiyyah Kota Pasuruan terlibat dalam latihan pembiasaan positif yang bertujuan untuk menanamkan nilai-nilai kemandirian dan tanggung jawab. Salah satu kegiatan tersebut adalah memastikan bahwa setiap siswa telah meletakkan sepatu mereka dengan rapi saat memasuki Masjid Al Islah, tempat berlangsungnya kegiatan shalat dzuhur berjamaah di sekolah.

Pemandangan tersebut terlihat jelas saat kegiatan shalat dzuhur berjamaah siang hari ini (25/1). Para siswa terlihat mandiri dan bertanggung jawab saat melepas sepatu, merapikannya, serta menempatkannya dengan rapi sebelum memasuki masjid.

Ustazah Dyah Puspitarini, S.Pd, Kepala Sekolah menyampaikan, “Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk menanamkan kemandirian dalam keterampilan yang dilakukan siswa, sekaligus menunjukkan kepribadian dan tanggung jawab. Memulai pembelajaran tentang kerapian dapat dimulai dari tempat ibadah. Dengan cara ini, siswa tidak hanya menunjukkan kebersihan dan kerapian di dalam masjid tetapi juga di luar masjid.”

Beliau menambahkan harapannya, “Semoga kebiasaan positif seperti ini dapat dilakukan secara konsisten oleh para siswa. Hal ini akan membantu melatih sikap bertanggung jawab terhadap diri sendiri dan dalam interaksi dengan orang lain di berbagai situasi.”

Kegiatan ini tidak hanya memberikan dampak positif terhadap lingkungan masjid, tetapi juga diharapkan dapat membentuk karakter siswa agar menjadi pribadi yang mandiri, tanggung jawab, dan memiliki kebiasaan baik. Dengan demikian, pembiasaan positif di lingkungan masjid diharapkan dapat membawa manfaat yang berkelanjutan dalam perkembangan siswa.

Check Also

Pelatihan Nasional MPP

Tingkatkan Kualitas Sekolah di Seluruh Indonesia: Al Irsyad Gelar Pelatihan Nasional

Majelis Pendidikan dan Pengajaran (MPP) Pimpinan Pusat (PP) Al Irsyad Al Islamiyyah menggelar Pelatihan Nasional Guru dan Manajemen Sekolah pada 12-15 Juli 2024 di area Al Irsyad Al Islamiyyah Boarding School (AABS) Purwokerto. Kegiatan ini diikuti oleh para guru dan manajemen sekolah dari berbagai sekolah Al Irsyad Al Islamiyyah se Indonesia.

Tinggalkan Balasan