Tingkatkan Motivasi Ibadah, SDIT Al Irsyad Lemahabang Gelar Manasik Haji

Lemahabang – Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) Al Irsyad Al Islamiyyah Lemahabang Kabupaten Cirebon kembali sukses menggelar peragaan manasik haji bagi seluruh peserta didik dari kelas 1-6. Kegiatan ini digelar pada Rabu, 31 Januari 2024.

Ustadz Iman Ashari, M.Pd., selaku Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan mengatakan, kegiatan ini merupakan implementasi dari program projek penguatan profil pelajar pancasila (P5) khas Al Irsyad. Program ini memiliki empat prinsip penting, yaitu holistik, kontekstual, berpusat pada peserta didik, dan eksploratif.

“Kegiatan ini bertujuan untuk menanamkan motivasi diri dan mengajarkan keagamaan sejak dini, agar mereka akan memiliki pemahaman yang baik tentang pentingnya ibadah haji dan akan lebih termotivasi untuk melaksanakannya di masa dewasa nanti,” kata Ustadz Iman.

Serangkaian peragaan manasik haji ini cukup lengkap, mulai dari miqot, wukuf di Arafah, lempar jumroh, thawaf, sa’i, tahalul, hingga menikmati air zam-zam serta cara memakai kain ihram. Semuanya diikuti dengan sangat antusias oleh seluruh peserta.

“Alhamdulillah, kegiatan ini berjalan dengan lancar dan sukses. Peserta didik sangat antusias mengikuti kegiatan ini. Mereka terlihat sangat bersemangat untuk mempelajari dan mempraktikkan tata cara ibadah haji,” kata Ustadz Iman.

Kegiatan ini juga mendapat apresiasi dari para orang tua peserta didik. Mereka merasa senang dan bangga dengan kegiatan ini. Mereka berharap kegiatan ini dapat terus digelar di tahun-tahun mendatang.

Check Also

Undang Profesor dari Mesir, 12 Guru Al Irsyad Purwokerto Ikuti Dauroh Bahasa Arab dan Al Quran Bersanad

Dalam rangka meningkatkan kualitas pengajaran bahasa Arab dan Al Quran, 12 guru dari Sekolah Al Irsyad Al Islamiyyah Purwokerto mengikuti Dauroh Bahasa Arab dan Al Quran Bersanad. Dauroh ini diadakan selama 5 hari, dari tanggal 19 hingga 23 Februari 2024, di Wisma Holtikultura Baturraden, Purwokerto.

Tinggalkan Balasan