Guru AABS Purwokerto Asah Kemampuan Penelitian dan Karya Ilmiah Bersama BRIN

Purwokerto – Al Irsyad Al Islamiyyah Boarding School (AABS) Purwokerto menyelenggarakan Workshop Teknis Penelitian dan Karya Ilmiah bagi guru SMP-SMA pada 16-17 Februari 2024 di Dapoer Tieta 2, Baturraden, Banyumas. Workshop ini menghadirkan Dr. Bagus Harry Prakoso, S.E., M.A. dari Pusat Riset Pendidikan (Pusrisdik) Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) sebagai narasumber.

Workshop ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan guru AABS Purwokerto dalam melakukan penelitian dan menghasilkan karya ilmiah yang berkualitas. Dr. Bagus Harry memaparkan materi mengenai konsep penelitian, membangun mindset peneliti, dan menyusun karya tulis ilmiah sesuai kaidah.

Menurut Dr. Bagus Harry, ada beberapa hal penting dalam membuat karya tulis ilmiah, yaitu perencanaan yang baik, perumusan masalah, hipotesa, penyusunan, hingga kesimpulan. Beliau menerangkan pengujian hipotesis penelitian harus dengan alat dan instrumen yang valid dan menganalisnya secara statistik atau deskriptif. Kesimpulan penelitian pun harus valid dan mampun menjawab permasalahan penelitian.

Melalui workshop ini, diharapkan para guru AABS Purwokerto dapat membangun dan merancang pendekatan riset dalam pembelajaran. Termasuk menggali dan mengimplementasikan ide penelitian yang potensial, serta menghasilkan karya ilmiah yang berkualitas dan bermanfaat.

Tentang Pusrisdik BRIN:

Pusat Riset Pendidikan (Pusrisdik) Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) adalah lembaga penelitian yang fokus pada bidang pendidikan. Pusrisdik BRIN bertugas untuk melakukan penelitian, pengembangan, dan inovasi di bidang pendidikan untuk mendukung kemajuan pendidikan di Indonesia.

Berita Pilihan : Siswa SMA AABS Purwokerto Sulap Minyak Jelantah Menjadi Sabun Cair

Check Also

Raih Penghargaan Adiwiyata, SD Al Irsyad 01 Dan 02 Purwokerto Tegaskan Komitmen Peduli Lingkungan

SD 01 dan SD 02 Al Irsyad Al Islamiyyah Purwokerto menerima penghargaan Sekolah Adiwiyata Kabupaten Banyumas dalam sebuah acara penyerahan yang dipimpin langsung oleh Penjabat (Pj) Bupati Banyumas, Hanung Cahyo Saputro, S.STP. M.Si., pada Kamis pagi (21/3).

Tinggalkan Balasan