Siswa Kelas 5 SD Al Irsyad 01 Purwokerto Belajar Menjadi Peneliti Cilik

Purwokerto – Rabu (7/2) menjadi hari yang istimewa bagi para siswa kelas 5 SD Al Irsyad Al Islamiyyah 01 Purwokerto. Mereka berkesempatan untuk belajar menjadi peneliti cilik dalam kegiatan bertajuk “Osmosis (Olimpiade Matematika dan Sains Siswa SD 01)”.

Kegiatan ini menghadirkan narasumber istimewa, yaitu kakak kelas mereka dari Tim Airforce SMA IT Al Irsyad Al Islamiyyah Purwokerto. Para siswa kelas 5 belajar untuk menyelami dunia penelitian, mulai dari menemukan ide permasalahan, merancang penelitian, hingga membuat laporan penelitian yang sistematis.

Tak hanya teori, para siswa juga mempraktikkan langsung berbagai percobaan dari penelitian-penelitian yang lainnya. Hal ini semakin memperkaya pengalaman belajar mereka dan memberikan pemahaman yang lebih mendalam tentang proses penelitian.

Ustazah Tessari Inayah, M.Si., selaku wakil kepala sekolah, menjelaskan bahwa kegiatan ini merupakan bagian dari program P5 (Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila) di semester 2 dengan tema “Berekayasa dan Berteknologi untuk membangun NKRI”.

“Kami berharap, kegiatan Osmosis ini dapat menumbuhkan minat dan bakat siswa dalam bidang sains dan penelitian. Selain itu, kegiatan ini juga bertujuan untuk melatih kemampuan berpikir kritis, kreatif, dan problem solving siswa,” ujar Ustazah Tessari.

Kegiatan Osmosis menjadi salah satu bukti komitmen sekolah dalam memberikan pendidikan yang berkualitas dan berwawasan global. Dengan membekali siswa dengan keterampilan penelitian sejak dini, diharapkan mereka dapat menjadi generasi yang inovatif dan mampu menjawab tantangan di masa depan.

Check Also

Kultum Ramadhan

SMP Al Irsyad Banyuwangi Asah Kemampuan Public Speaking Siswa melalui Kultum Ramadan

Bulan Ramadan menjadi momen istimewa bagi SMP Al Irsyad Al Islamiyyah Banyuwangi dalam mengasah kemampuan public speaking siswa. Salah satu upayanya adalah melalui kegiatan Kultum Ramadan setelah shalat Dzuhur berjamaah.

Tinggalkan Balasan