Nikmatnya Puasa Syawal Bersama Santri AABS Purwokerto

Purwokerto-Awal masuk selepas liburan lebaran langsung disambut dengan program puasa syawal. Uniknya, program ini disambut gembira oleh para santri Al Irsyad Al Islamiyyah Boarding School (AABS) Purwokerto. Sebagaimana tampak saat buka puasa bersama pada senin kemarin, (8/5).

“Mengawali paska liburan, seluruh santri AABS kami ajak untuk menunaikan puasa Syawal bersama-sama,” terang Ustaz Gani Surahman, S.E.I. Kepala Asrama Putera.

“Selama 6 hari ini semuanya diajak berpuasa, terutama yang belum berpuasa syawal. Program ini menjadi salah satu strategi untuk menanamkan kebiasaan berpuasa sunnah kepada para santri,” lanjutnya. Menurutnya, program ini didukuung oleh seluruh civitas. Yakni semua guru juga berpuasa pada waktu yang sama. Bahkan, seluruh kantin ditutup saat siang hari.

“Suasana terasa seperti saat Ramadhan, terutama saat jelang berbuka dan saat berbuka bersama di masjid,” tambah Ustaz Gani.

Manfaat Puasa Syawal

Ustaz Gani mengabarkan, para guru dan wali kelas memanfaatkan momentum puasa sunnah ini untuk memperkuat manfaat pembiasaan ibadah saat Ramadhan. Terutama dengan mengulang-ulang menyampaikan kepada siswa tentang keutamaan puasa syawal.

“Puasa Ramadhan dan Puasa Syawal hendaknya dikerjakan dengan penuh semangat karena memiliki pahala besar. Yaitu berpahala seperti berpuasa selama satu tahun penuh. Sebagaimana hadis nabi yang diriwayatkan dalam sahih muslim,” terang Ustaz Gani.

Kontributor: Eko Raindyanto
Editor: Qomaruddin

Check Also

Tingkatkan Layanan: SMA IT Al Irsyad Purwokerto Ajak Seluruh Guru Berlatih Membangun Kesejahteraan Psikologis Siswa

SMA IT Al Irsyad Al Islamiyyah Purwokerto berkomitmen untuk membangun kesejahteraan psikologis siswanya. Hal ini dibuktikan dengan diadakannya pelatihan bertajuk “Membangun Kesejahteraan Psikologis Siswa” pada hari Sabtu, 24 Februari 2024.