Kreatif! Belajar Kosakata Bahasa Arab dengan Games Ini

Purwokerto. Puasa Ramadan ke-15, santri Al Irsyad Al Islamiyyah Boarding School (AABS) Purwokerto belajar kosakata bahasa Arab dengan games. Kamis, 6 April 2023. Sebagaimana dirilis di web aabs.sch.id.

“Pembelajaran spesial Ramadan di AABS semakin seru. Kali ini santri bermain games yang berisi kosakata bahasa Arab,” terang Ustaz Sudrajat, M.Pd., kepala sekolah.

“Games yang merupakan kreasi para guru besama siswa kelas 9 ini dinamakan games Islami, karena berisi konten pembelajarn Islami. Sehingga santri tidak hanya bermain, tetapi juga belajar kosakata bahasa Arab,” lanjutnya.

Games Islami tersebut antara lain permainan ular tangga yang beberapa kotaknya terdapat kosakata bahasa Arab. Lalu setiap pemain menyusun kata bahasa Arab dari huruf yang muncul, menjawab pertanyaan bahasa Arab dari kartu yang diambil, dan permainan lainnya.

Selain game, ada pula kegiatan muhadhoroh bahasa asing. Para santri sesuai jadwal akan menampilkan khitobah dengan berbagai bahasa asing. “Masing-masing santri boleh menggunakan bahasa Arab, Inggris, Mandarin, Korea, hingga bahasa Jepang,” tambah Ustaz Sudrajat.

Rupanya tak sekadar penampilan khitobah, karena ada pula penampilan aksi panggung dari para santri. Ramadhan di AABS pun semakin meriah dan menyenangkan.

Check Also

Undang Profesor dari Mesir, 12 Guru Al Irsyad Purwokerto Ikuti Dauroh Bahasa Arab dan Al Quran Bersanad

Dalam rangka meningkatkan kualitas pengajaran bahasa Arab dan Al Quran, 12 guru dari Sekolah Al Irsyad Al Islamiyyah Purwokerto mengikuti Dauroh Bahasa Arab dan Al Quran Bersanad. Dauroh ini diadakan selama 5 hari, dari tanggal 19 hingga 23 Februari 2024, di Wisma Holtikultura Baturraden, Purwokerto.

Tinggalkan Balasan