Kreatif! Belajar Kosakata Bahasa Arab dengan Games Ini

Purwokerto. Puasa Ramadan ke-15, santri Al Irsyad Al Islamiyyah Boarding School (AABS) Purwokerto belajar kosakata bahasa Arab dengan games. Kamis, 6 April 2023. Sebagaimana dirilis di web aabs.sch.id.

“Pembelajaran spesial Ramadan di AABS semakin seru. Kali ini santri bermain games yang berisi kosakata bahasa Arab,” terang Ustaz Sudrajat, M.Pd., kepala sekolah.

“Games yang merupakan kreasi para guru besama siswa kelas 9 ini dinamakan games Islami, karena berisi konten pembelajarn Islami. Sehingga santri tidak hanya bermain, tetapi juga belajar kosakata bahasa Arab,” lanjutnya.

Games Islami tersebut antara lain permainan ular tangga yang beberapa kotaknya terdapat kosakata bahasa Arab. Lalu setiap pemain menyusun kata bahasa Arab dari huruf yang muncul, menjawab pertanyaan bahasa Arab dari kartu yang diambil, dan permainan lainnya.

Selain game, ada pula kegiatan muhadhoroh bahasa asing. Para santri sesuai jadwal akan menampilkan khitobah dengan berbagai bahasa asing. “Masing-masing santri boleh menggunakan bahasa Arab, Inggris, Mandarin, Korea, hingga bahasa Jepang,” tambah Ustaz Sudrajat.

Rupanya tak sekadar penampilan khitobah, karena ada pula penampilan aksi panggung dari para santri. Ramadhan di AABS pun semakin meriah dan menyenangkan.

Check Also

Pelatihan Nasional MPP

Tingkatkan Kualitas Sekolah di Seluruh Indonesia: Al Irsyad Gelar Pelatihan Nasional

Majelis Pendidikan dan Pengajaran (MPP) Pimpinan Pusat (PP) Al Irsyad Al Islamiyyah menggelar Pelatihan Nasional Guru dan Manajemen Sekolah pada 12-15 Juli 2024 di area Al Irsyad Al Islamiyyah Boarding School (AABS) Purwokerto. Kegiatan ini diikuti oleh para guru dan manajemen sekolah dari berbagai sekolah Al Irsyad Al Islamiyyah se Indonesia.

Tinggalkan Balasan