Latih Disiplin dan Mandiri, Siswa SMA IT Al Irsyad Purwokerto Berkemah di Kendalisada

Purwokerto – SMA IT Al Irsyad Al Islamiyyah Purwokerto menyelenggarakan Kemah Blok bagi para peserta didik kelas 11 pada tanggal 15-17 Februari 2024 untuk penegak putra dan 23-25 Februari 2024 untuk penegak putri. Bertempat di Bumi Perkemahan Kendalisada, Banyumas, kegiatan ini bertujuan untuk membentuk rasa kekeluargaan serta mewujudkan generasi disiplin, mandiri, dan Islami.

Tentunya, kemah blok ini penuh dengan beragam kegiatan menarik. Seperti materi kepramukaan, jelajah alam, outbond, dan ibadah berjamaah. Rupanya, kegiatan ini selain menyenangkan juga bermanfaat melatih peserta didik untuk mandiri, disiplin, dan kerja sama. Jelajah alam menantang mereka untuk menyelesaikan berbagai rintangan dan pos-pos yang melatih ketahanan mental dan fisik.

“Kami berharap, kegiatan ini dapat membentuk karakter mulia pada peserta didik, seperti bertakwa kepada Tuhan YME, jujur, rendah hati, disiplin, dan pantang menyerah,” ungkap Kak Barkah, pembina pramuka SMA IT Al Irsyad Purwokerto.

Lebih dari itu, Kemah Blok juga memberikan kesempatan bagi peserta didik untuk belajar di tengah masyarakat. Mereka berbaur dalam kegiatan ibadah shalat berjamaah, serta belajar mengurus kegiatan sejak awal, termasuk meminta izin dan bersilaturahmi dengan tokoh setempat.

Kegiatan tampak menarik saat api unggun setelah salat Isya berjamaah. Suasana gembira membungkus kegiatan malam ini yang berupa penampilan kreasi setiap kelompok. Dini harinya, peserta didik melaksanakan tahajud lalu doa bersama mendoakan kebaikan serta keberkahan bagi negara dan masyarakat.

“Penting untuk membimbing anak didik dalam membangun jati dirinya dan menjaga akhlaknya. Di antaranya dengan bersungguh-sungguh menjadi pribadi yang shaleh dan siap turut aktif dalam membangun masyarakat,” terang Kak Barkah.

Kemah Blok SMA IT Al Irsyad Purwokerto merupakan salah satu upaya nyata dalam membentuk generasi muda yang disiplin, mandiri, dan tentunya Islami. Semoga kegiatan ini dapat mencetak generasi penerus bangsa yang berkarakter mulia dan siap berkontribusi bagi kemajuan bangsa dan negara.

Check Also

Kultum Ramadhan

SMP Al Irsyad Banyuwangi Asah Kemampuan Public Speaking Siswa melalui Kultum Ramadan

Bulan Ramadan menjadi momen istimewa bagi SMP Al Irsyad Al Islamiyyah Banyuwangi dalam mengasah kemampuan public speaking siswa. Salah satu upayanya adalah melalui kegiatan Kultum Ramadan setelah shalat Dzuhur berjamaah.

Tinggalkan Balasan