Santri Putri AABS Purwokerto Gelar Munajatul Muhibbin, apakah itu?

Purwokerto – Asrama Putri Ma’had Al Irsyad Al Islamiyyah Boarding School (AABS) Purwokerto kembali menyelenggarakan program Munajatul Muhibbin, sebuah kegiatan salat tahajud berjama’ah dengan bacaan satu juz Al Quran di masjid luar area boarding. Kegiatan kali ini berlangsung di Masjid Fatimatuzzahra (Mafaza) pada pekan ke-3 Februari 2024 dan diikuti oleh lebih dari 50 santriwati level VII dan VIII.

Munajatul Muhibbin merupakan program rutin yang diadakan dua kali dalam sebulan, yaitu pada pekan ke-2 dan ke-4. Program ini dirancang khusus bagi santriwati yang memiliki komitmen tinggi dalam beribadah, dengan kriteria sebagai berikut:

  • Melaksanakan salat tahajud berjama’ah setiap hari setiap bulan
  • Melaksanakan puasa sunah Senin dan Kamis minimal 4x dalam 1 bulan setiap bulannya

Rangkaian kegiatan Munajatul Muhibbin meliputi:

  • Bangun pukul 03.00 WIB, bersiap, dan berangkat ke masjid
  • Salat tahajud berjama’ah 1 juz
  • Dzikir pagi dan tadarus Al Quran
  • Halaqah Tarbawiyah
  • Sarapan bersama
  • Refreshing

“Adanya kegiatan ini mudah-mudahan mampu memantik semangat anak-anak dalam beribadah serta mampu memupuk kecintaan anak-anak kepada Rabb-Nya,” ungkap Ustaz Eko Raindyanto, Humas AABS.

Selain menumbuhkan semangat beribadah qiyamul lail, program Munajatul Muhibbin juga bertujuan untuk meningkatkan hafalan para santriwati. Hal ini sejalan dengan visi AABS sebagai Islamic Boarding School yang mengintegrasikan kurikulum nasional dengan pendidikan agama.

“Rasulullah saw. pernah berkata bahwa sebaik-baik puasa setelah puasa Ramadhan adalah puasa pada bulan muharram. Sebaik-baik shalat setelah shalat wajib adalah shalat malam,” lanjutnya megutip hadits riwayat muslim,

Program Munajatul Muhibbin merupakan salah satu upaya AABS dalam mempersiapkan generasi muda muslim masa depan yang berilmu dan berakhlak mulia. AABS percaya bahwa pendidikan agama dan ilmu pengetahuan umum harus berjalan seimbang agar generasi muda mampu menghadapi berbagai tantangan zaman dengan keilmuan dan akhlak yang kokoh.

Check Also

Kultum Ramadhan

SMP Al Irsyad Banyuwangi Asah Kemampuan Public Speaking Siswa melalui Kultum Ramadan

Bulan Ramadan menjadi momen istimewa bagi SMP Al Irsyad Al Islamiyyah Banyuwangi dalam mengasah kemampuan public speaking siswa. Salah satu upayanya adalah melalui kegiatan Kultum Ramadan setelah shalat Dzuhur berjamaah.

Tinggalkan Balasan